PENGARUH PEMANFAATAN AKUN INSTAGRAM @PETAK_ENAM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN

ELISABETH MAYA KRISTIANTI, . (2024) PENGARUH PEMANFAATAN AKUN INSTAGRAM @PETAK_ENAM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pariwisata berbasis digital, platform seperti media sosial instagram menjadi alat yang efektif dan memudahkan seseorang untuk dapat terhubung dalam meningkatkan daya tarik sebuah destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan akun instagram dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan melibatkan 100 responden followers akun instagram @petak_enam. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda, Uji Signifikansi (Uji T), Uji Simultan (Uji F), dan Koefisien Determinasi (R2) dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tarik destinasi wisata dan mendorong keputusan kunjungan wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten visual yang menarik, penggunaan fitur interaktif seperti followers, newsfeed, like, caption, dan hashtag memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke Petak Enam, Glodok Jakarta. Selain itu, autentisitas dan representasi pengalaman yang dapat diandalkan menjadi faktor penting bagi wisatawan dalam menentukan destinasi wisata. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengelola destinasi wisata untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital mereka di platform Instagram guna menarik lebih banyak wisatawan. Kata kunci: Instagram, Generasi Z, Minat Kunjungan Wisatawan In digital-based tourism, platforms such as Instagram social media are effective tools and make it easier for people to connect to increase the attractiveness of a tourist destination. This study aims to analyze how the use of Instagram accounts can increase the interest in visiting tourists. The research method used is a quantitative approach. Data was collected by involving 100 respondents who were followers of the Instagram account @petak_enam. Data analysis in this research uses multiple linear analysis, Significance Test (T Test), Simultaneous Test (F Test), and Coefficient of Determination (R2) which are used to increase the attractiveness of tourist destinations and encourage tourist visiting decisions. The results of the study show that attractive visual content, the use of interactive features such as followers, newsfeed, likes, captions and hashtags have a significant influence in increasing tourist interest in visiting Petak Enam, Glodok Jakarta. In addition, authenticity and reliable representation of experiences are important factors in determining tourist destinations. This research provides insight for tourist destination managers to optimize their digital marketing strategies on the Instagram platform to attract more tourists people. Keywords: Instagram, Generation Z, Interest in Tourist Visits

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yosi Erfinda, S.ST., M.Par 2). Rezka Fedrina, S.ST.Par., M.M
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Pariwisata
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Users 22555 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2024 23:01
Last Modified: 25 Jul 2024 23:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46601

Actions (login required)

View Item View Item