PENGEMBANGAN BUKU SAKU PERMAINAN MONTESSORI UNTUK PANDUAN IBU DALAM MENGATASI GANGGUAN PENERIMAAN MAKAN PADA ANAK USIA MPASI

DHEA PUTERI RAMANDA, . (2024) PENGEMBANGAN BUKU SAKU PERMAINAN MONTESSORI UNTUK PANDUAN IBU DALAM MENGATASI GANGGUAN PENERIMAAN MAKAN PADA ANAK USIA MPASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitan ini bertujuan mengembangkan buku untuk membantu ibu yang memiliki anak pada usia MPASI sehingga dapat mengetahui informasi lebih terkait tumbuh kembang anak, jenis-jenis gangguan penerimaan makan, pendidikan montessori dan pentingnya stimulasi motorik pada anak, serta berisi permainan-permainan yang dapat membantu stimulasi motorik halus pada anak usia 6-24 bulan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan PPE (Planninng, Production, Evaluation) oleh Richey dan Klein. Buku saku ini melewati validasi dari ahli materi dan ahli media serta uji kelayakan yang dilakukan kepada Kepala Sekolah dan orang tua wali murid di KB TK Semut- Semut The Natural School dan ibu yang memiliki anak pada usia MPASI di Posyandu Anggrek 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian yang diperoleh dari ahli materi yaitu pada bidang Montessori 93,1% dengan kategori sangat baik, pada bidang ahli gizi 75% dengan kategori baik, dan pada bidang psikologi 95,4% dengan kategori sangat baik. Penilaian pada ahli bahasa didapatkan 97,5% dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli media didapatkan 96,7% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian pada uji kelayakan pengguna meliputi uji one to one 93,05% dengan kategori sangat baik, uji small group 94,5% dengan kategori sangat baik, dan uji field test 95,7% dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian di atas menyimpulkan bahwa buku Melatih Motorik Anak: Permainan Untuk Membantu Aspek Sensoris Pada Usia 6-24 Bulan layak untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. ****** This research aims to develop a book to help mothers who have children at the age of complementary feeding so that they can find out more information related to child development, types of eating disorders, Montessori education and the importance of motor stimulation in children, and contains games that can help fine motor stimulation in children aged 6-24 months. The research method used is Research and Development (R&D) with the PPE (Planninng, Production, Evaluation) development model by Richey and Klein. This pocket book passed validation from material experts and media experts as well as feasibility tests carried out to the Principal and parents of students at KB TK Semut-Semut The Natural School and mothers who have children at the age of complementary feeding at Posyandu Anggrek 2. The results of this study indicate that the assessment obtained from material experts is in the Montessori field 93.1% with a very good category, in the field of nutritionists 75% with a good category, and in the field of psychology 95.4% with a very good category. The assessment of linguists was 97.5% with a very good category. Media expert assessment was 96.7% with a very good category. The results of the assessment in the user feasibility test include one to one test 93.05% with a very good category, small group test 94.5% with a very good category, and field test 95.7% with a very feasible category. The results of the above research conclude that the book Train Children's Motoric: Games to Help Sensory Aspects at the Age of 6-24 Months is suitable for use as needed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nur Riska, M.Si. ; 2). Dr. Ir. Mahdiyah, M.Kes.
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 22688 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:01
Last Modified: 26 Jul 2024 01:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46611

Actions (login required)

View Item View Item