KESADARAN HUKUM PESERTA DIDIK DALAM DISIPLIN JAM MASUK SEKOLAH (STUDI KUALITATIF DI SMPN 92 JAKARTA)

MUHAMMAD FARHAN NAFIS TSANI, . (2024) KESADARAN HUKUM PESERTA DIDIK DALAM DISIPLIN JAM MASUK SEKOLAH (STUDI KUALITATIF DI SMPN 92 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesadaran hukum peserta didik dalam mewujudkkan sikap disiplin jam masuk sekolah serta mengidentifikasi upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan kesadaran hukum peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Waktu penelitian dilakukan mulai dari Februari sampai April dan tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 92 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran hukum yang dimiliki oleh peserta didik belum sepenuhnya terpenuhi, dalam hal ini indikator kesadara hukum pengetahuan hukum , pemahaman hukum peserta didik sudah terpenuhi, akan tetapi dalam pola perilaku hukumnya tidak terpenuhi. Adapun upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan kesadaran hukum peserta didik agar terwujudnya sikap disiplin terhadap aturan yakni memberikan sosialisasi hukum kepada peserta didik oleh semua guru terutama guru BK dan penegakan sanksi dengan cara akan mencatat peserta didik yang terlambat, tidak diperkenankan masuk ke kelas, mendapatkan teguran atas keterlambatan yang dilakukan dan sekolah melakukan upaya kerja sama dengan orang tua siswa dalam meningkatkan kesadaran hukum peserta didik tentang aturan jam masuk sekolah. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah pengetahuan dan pemahaman peserta didik akan tata tertib jam masuk sekolah sudah terpenuhi, akan tetapi dalam pola perilakunya masih banyak yang melanggar. Oleh karena itu, upaya sekolah untuk meningkatkan kesadaran hukum peserta didik dilakukan melalui sosialisasi yang dilakukan oleh guru, pemberian sanksi hingga melakukan kerja sama dengan orang tua. This research aims to describe the legal awareness of students in realizing a disciplined attitude during school hours and identify the efforts made by schools to increase students' legal awareness. This research uses a qualitative approach with qualitative descriptive methods. The data collection tools used are observation, interviews and documentation. Meanwhile, the data analysis technique used in this research is data reduction, data presentation and drawing conclusions. The time the research was conducted was from February to April and the research location was carried out at SMP Negeri 92 Jakarta. The results of the research show that the legal awareness possessed by students has not been fully fulfilled, in this case the indicators of legal awareness, legal knowledge, legal understanding of students have been fulfilled, but their legal behavior patterns have not been fulfilled. The efforts made by the school are to increase students' legal awareness in order to create a disciplined attitude towards the rules, namely providing legal outreach to students by all teachers, especially guidance and counseling teachers, and enforcing sanctions by recording students who are late, not allowed to enter the class, and receive warnings. for the delays made and the school is making collaborative efforts with students' parents in increasing students' legal awareness regarding the rules for school entry times. The conclusion obtained from the results of this research is that students' knowledge and understanding of school entry rules are good, however, there are still many who violate their behavior patterns. Therefore, the school's efforts to increase students' legal awareness are carried out through outreach carried out by teachers, providing sanctions and collaborating with parents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H. 2). Annisa Rahmi Faisal, S.Sy., M.H.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 22545 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2024 22:57
Last Modified: 25 Jul 2024 22:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46633

Actions (login required)

View Item View Item