PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 242 JAKARTA

FARAH AZ ZAHRAH, . (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 242 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya dalam upaya meningkatan minat belajar siswa kelas VII F pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 242 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) selama 3 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sampel penelitian ini adalah kelas VII F di SMP Negeri 242 Jakarta. Pemilihan sampel ini berdasarkan hasil pra-penelitian yang menunjukan kelas VII F memiliki siswa yang minat belajarnya rendah paling banyak dibandingkan kelas lain, pada saat proses pembelajaran beberapa siswa kurang tertarik atau antusias, pembelajaran cenderung berpusat pada guru yang menggunakan metode ceramah, dan siswa seringkali menunda-nunda mengerjakan tugas. Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya berhasil meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas VII F SMP Negeri 242 Jakarta. Pada siklus 1, minat belajar tinggi dimiliki oleh 64% siswa. Pada siklus 2, meningkat signifikan dengan 89% siswa memiliki minat belajar tinggi. Pada siklus 3, meningkat menjadi 94% siswa memiliki minat belajar tinggi. Selain meningkatkan minat belajar siswa, metode tutor sebaya juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya; Minat Belajar; Mata Pelajaran IPS ****** This research aims to determine the application of the Peer Tutoring learning method in an effort to increase the learning interest of Class VII F students in Social Studies subjects at SMP Negeri 242 Jakarta. This research uses a classroom action research (CAR) method over 3 cycles, consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. The research sample is Class VII F at SMP Negeri 242 Jakarta. The selection of this sample is based on pre-research results which showed that Class VII F had the highest number of students with low learning interest compared to other classes. During the learning process, several students were less interested or enthusiastic, the learning was teacher-centered using lecture methods, and students often procrastinated in completing assignments. Data collection using questionnaires and observation sheets. The results of the research indicate that the application of the peer tutoring method successfully increased the learning interest of Class VII F students in Social Studies at SMP Negeri 242 Jakarta. In Cycle 1, 64% of students had a high learning interest. In Cycle 2, this significantly increased to 89% of students having a high learning interest. In Cycle 3, it increased to 94% of students having a high learning interest. Besides increasing students' learning interest, the peer tutoring method also improved students' learning outcomes in each cycle. Keywords: Peer Tutoring Method; Interest to Learning; Social Science

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Nurul Istiqomah, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Farah Az Zahrah .
Date Deposited: 26 Jul 2024 05:26
Last Modified: 26 Jul 2024 05:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46706

Actions (login required)

View Item View Item