IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DALAM PROFIL PELAJAR PANCASILA (STUDI KUALITATIF PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X DI SMA NEGERI 12 JAKARTA)

MAULANA ARIEF PRADANA, . (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DALAM PROFIL PELAJAR PANCASILA (STUDI KUALITATIF PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X DI SMA NEGERI 12 JAKARTA). Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter mandiri dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan strategi yang dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter mandiri. Karakter mandiri merupakan salah satu karakter penting bagi peserta didik untuk memiliki kemampuan peserta didik dalam mengambil tanggung jawab atas tindakan, belajar secara mandiri, dan berinteraksi dengan lingkungan secara proaktif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik kalibrasi keabsahan data menggunakan menggunakan triangulasi data, catatan lapangan, dan expert opinion. Temuan penelitian yang didapat dalam implementasi pendidikan karakter mandiri menunjukan bahwa peserta didik mengimplementasikan 3 kebiasaan yaitu proaktif, visioner, dan mendahulukan yang utama. Dengan peserta didik sudah menerapkan 3 kebiasaan tersebut, peserta didik sudah menerapkan karakter mandiri. Strategi yang dilakukan di SMA Negeri 12 Jakarta dalam implementasi pendidikan karakter mandiri yaitu sosialisasi, pengembangan kebijakan, pengembangan kapasitas, implementasi dan evaluasi. Kesimpulan penelitian ini yaitu dalam pembelajaran pendidikan pancasila di SMA Negeri 12 Jakarta sudah mengimplementasikan nilai-nilai karakter mandiri yaitu proaktif, visioner, dan mendahulukan yang utama. Upaya untuk menunjang implementasi pendidikan karakter mandiri di SMA Negeri 12 Jakarta menerapkan 5 strategi yaitu sosialisasi, pengembangan kebijakan, pengembangan kapasitas, implementasi dan evaluasi. ***** This study aims to determine the implementation of independent character education in Pancasila education learning and strategies carried out in the implementation of independent character education. Independent character is one of the important characters for students to have the ability of students to take responsibility for actions, learn independently, and interact with the environment proactively. This research method uses a qualitative approach, with a descriptive method. Data collection is done by interview, observation, and documentation. The data analysis technique used in this research is data reduction, data presentation, conclusion drawing. The data validity calibration technique uses data triangulation, field notes, and expert opinion. The research findings obtained in the implementation of independent character education show that students implement 3 habits, namely proactivity, visionary, and putting the main thing first. With students already implementing these 3 habits, students have implemented independent character. The strategies carried out at SMA Negeri 12 Jakarta in implementing independent character education are socialization, policy development, capacity building, implementation and evaluation. The conclusion of this study is that in learning Pancasila education at SMA Negeri 12 Jakarta, it has implemented independent character values, namely proactivity, visionary, and putting the main thing first. Efforts to support the implementation of independent character education at SMA Negeri 12 Jakarta implement 5 strategies, namely socialization, policy development, capacity building, implementation and evaluation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd ;
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 22475 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:53
Last Modified: 26 Jul 2024 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46788

Actions (login required)

View Item View Item