PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN ANALISIS (STUDI KUANTITATIF PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 100 JAKARTA)

GUSTI FIRMANSAH, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN ANALISIS (STUDI KUANTITATIF PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 100 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Bab II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (508kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran LKPD interaktif berbasis joyful learning terhadap keterampilan analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMPN 100 Jakarta semester genap tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Tempat dilakukannya penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 100 Jakarta yang memiliki populasi sebanyak 4 kelas VIII dengan total 127 siswa. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini melalui teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Sehingga, diperoleh sampel pada penelitian ini sebanyak 62 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu 31 siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan 31 siswa VIII-D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dengan menggunakan pre-test dan post-test control group. Didapatkan hasil pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 59,52 dan post-test sebesar 64,19. Sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 60,00 dan post-test sebesar 73,71.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan uji Independent Sample T-Test dan nilai alpha sebesar 0,05. Nilai signifikan yang di dapat sebesar 0,049 yang artinya bernilai lebih kecil dari 0,05 (<0,05). Selain itu, berdasarkan perhitungan effect size dengan rumus Cohen’s memperoleh besaran pengaruh sebesar 0,51 atau sama dengan sebesar 69% mengacu kepada interpretasi effect size dengan rumus Cohen’s yang tergolong dalam kategori sedang (medium). Sehingga, hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh dari media pembelajaran LKPD interaktif berbasis joyful learning terhadap keterampilan analisis siswa sebesar 69%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LKPD interaktif berbasis joyful learning berpengaruh sedang (medium) terhadap keterampilan analisis siswa. ***** The purpose of this study was to examine the effect of using joyful learning-based interactive LKPD learning media on the analysis skills of 8th grade students in Pancasila Education subjects at SMPN 100 Jakarta in the even semester of the 2023/2024 school year. The approach used in this research is quantitative with the research method using the experimental method. The place where this research was conducted was located at SMP Negeri 100 Jakarta which has a population of 4 eighth grade classes with a total of 127 students. The sample selection technique in this study was through nonprobability sampling technique with purposive sampling type. Thus, the sample in this study was 62 students consisting of two classes, namely 31 students of class VIII-A as the control class and 31 students of VIII-D as the experimental class. Data collection techniques using the test method using pre-test and post-test control group. The results obtained in the control class obtained an average pre-test score of 59.52 and a post-test of 64.19. The experimental class obtained an average pre-test score of 60.00 and a post-test of 73.71.The data analysis technique in this study used statistical analysis with the Independent Sample T-Test test and an alpha value of 0.05. The significant value obtained is 0.049 which means it is smaller than 0.05 (<0.05). In addition, based on the calculation of effect size with Cohen's formula, the amount of influence is 0.51 or equal to 69%, referring to the interpretation of effect size with Cohen's formula which is classified in the medium category. Thus, the results of this study indicate that there is an effect of joyful learning-based interactive LKPD learning media on student analytical skills by 69%. So it can be concluded that the joyful learning-based interactive LKPD learning media has a medium effect on students' analytical skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Raharjo. M.Si. ; 2). Fauzi Abdillah, M.Pd.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Gusti Firmansah .
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:34
Last Modified: 02 Aug 2024 04:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46803

Actions (login required)

View Item View Item