PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHAN - BAHAN KOMPONEN LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X SMK NEGERI 69 JAKARTA

ANDREANSYAH WIBOWO, . (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHAN - BAHAN KOMPONEN LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X SMK NEGERI 69 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Andreasnyah Wibowo, PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHAN - BAHAN KOMPONEN LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X SMK NEGERI 69 JAKARTA. Skripsi, Jakarta: : Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Dosen Pembimbing : Dr. Muksin, M.Pd. dan Dr. Faried Wadjdi, M.Pd. Bahan - bahan komponen listrik dan elektronika merupakan pelajaran produktif yang terdapat diprogram keahlian Teknik Mekatronika di SMK Negeri 69 Jakarta. Berdasarkan hasil pra survei yang dilakukan di SMK 69 Negeri Jakarta dikesimpulkan bahwa rendahnya minat, kurangnya interaksi, dan kurangnya tanggung jawab peserta didik untuk belajar dapat disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan pertimbangan kondisi dan situasi di sekolah tersebut, maka peneliti akan mencoba metode pembelajaran mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar kelas X SMK 69 Negeri Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalaha kelas X TM 1 SMK 69 Negeri Jakarta sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan convenience sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-experimental design dalam bentuk One Shot Case Study. Uji prasyarat analisis ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas setelah itu data dianalisis menggunakan, uji t dan taraf signifikan 5% Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh skor rata-rata kemampuan hasil belajar peserta didik setelah dilakukan treatment menggunakan metode pembelajaran mind mapping yang adalah 77,57 lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata kemampuan hasil belajar siswa sebelum dilakukan treatment menggunakan metode pembelajaran mind mapping adalah sebesar 68,82. Kata Kunci: Metode Belajar, Mind Mapping, Hasil Belajar, SMK, Bahan – Bahan Komponen Listrik dan Elektronika ************************************************************ ABSTRACT Andreasnyah Wibowo, THE EFFECT OF MIND MAPPING LEARNING METHODS ON STUDY RESULTS OF ELECTRONIC AND ELECTRONIC COMPONENT MATERIALS CLASS X SMK NEGERI 69 JAKARTA. Thesis, Jakarta: Electrical Engineering Education S1 Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta, 2024. Supervisors : Dr. Muksin, M.Pd. and Dr. Faried Wadjdi, M.Pd. Electrical and electronic component materials are productive lessons found in the Mechatronics Engineering expertise program at SMK Negeri 69 Jakarta. Based on the results of a pre-survey conducted at SMK 69 Jakarta, it was concluded that the low interest, lack of interaction, and lack of responsibility of students to learn could be caused by the use of inappropriate learning methods. Based on the consideration of the conditions and situation in the school, the researcher will try the mind mapping learning method. This study aims to determine: the effect of mind mapping learning method on learning outcomes of class X SMK 69 Negeri Jakarta. The sample in this study was class X TM 1 SMK 69 Negeri Jakarta as many as 36 students. This research sampling technique uses convenience sampling. The research method used by researchers is quantitative method. The design used in this research is a pre-experimental design in the form of a One Shot Case Study. This analysis prerequisite test uses normality test and homogeneity test after that the data is analyzed using hypothesis testing, T test and 5% significant level. From the results of the calculations obtained, the average score of the ability of students' learning outcomes after treatment using the mind mapping learning method is 77.57 higher than the average score of students' learning outcomes before treatment using the mind mapping learning method is 68.82. Keywords: Learning Methods. Mind Mapping, Learning Outcomes, Vocational School, Electrical and Electronic Component Materials

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muksin, S.Pd., M.Pd. 2). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd., MM.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 23581 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:43
Last Modified: 26 Jul 2024 06:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46844

Actions (login required)

View Item View Item