PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CANVA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 87 JAKARTA

FADILAH ADJINUGROHO, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CANVA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 87 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media Canva terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 87 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 13 hingga 17 Mei 2024, dengan melibatkan siswa kelas VIII-3 sebanyak 36 orang sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai siswa dari pre-test dan post-test. Peningkatan terlihat dari pemerolehan rata-rata nilai yang lebih tinggi setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Canva, serta peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan media Canva berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 87 Jakarta. Dengan demikian, Canva dapat dijadikan sebagai media yang efektif untuk pembelajaran materi teks iklan, serta dapat diimplementasikan pada pembelajaran berbagai materi teks lainnya. *****ABSTRACT***** This research aims to determine whether the use of Canva media has an influence on the advertising text writing skills of 8th-grade students at SMP Negeri 87 Jakarta. The study employed an experimental method with a one-group pre-test and post-test design. Data collection was conducted from May 13 to 17, 2024, involving 36 students from class VIII-3 as the research sample. The results showed a significant improvement in students' scores from the pre-test to the post-test. This improvement was evident from the higher average scores obtained after students participated in lessons using Canva, as well as an increase in the number of students who met the minimum mastery criteria (KKM). The study reveals that the use of Canva media has a positive impact on the advertising text writing skills of 8th-grade students at SMP Negeri 87 Jakarta. Therefore, Canva can be considered an effective medium for teaching advertising text materials and can be implemented to teach various other text materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd.; 2) Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 23864 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2024 01:41
Last Modified: 16 Aug 2024 01:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46877

Actions (login required)

View Item View Item