EFEKTIVITAS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA BETAWI PADA KURIKULUM MERDEKA DI MTSN 36 JAKARTA

DINDA KUSUMA DEWI, . (2024) EFEKTIVITAS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA BETAWI PADA KURIKULUM MERDEKA DI MTSN 36 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pengetahuan siswa tentang kearifan lokal budaya Betawi pada siswa MTs Negeri 36 Jakarta dan pentingnya pendidikan kearifan lokal pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dengan teknik pengumpulan data melalui angket atau kuesioner, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan pendekatan secara kuantitatif dengan data yang bersumber dari data primer yang kemudian dianalisis dan diukur. Berdasarkan analisa data yang sudah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan kearifan lokal budaya betawi pada siswa kelas VII MTs Negeri 36 Jakarta masuk ke dalam kategori tinggi dengan angka persentase sebesar 76%. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang mampu menjalankan pembelajaran kearifan lokal budaya Betawi dengan baik selama di sekolah dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila menurut Kemendikbud Ristek dan Kemendikbud Dikti. Adapun pentingnya pendidikan kearifan lokal pada siswa karena dengan pengetahuan akan kearifan lokal siswa dapat melestarikan dan meningkatkan pengetahuannya akan budaya lokal tersebut. ***** The purpose of this study is to describe the level of students' knowledge of local wisdom of Betawi culture in State MTs 36 Jakarta students and the importance of local wisdom education in junior high school students. The research method used is descriptive with a quantitative approach. The subjects of this study were seventh grade students with data collection techniques through questionnaires, interviews, literature studies, and documentation. Data analysis techniques used in this study use a quantitative approach with data sourced from primary data, which is then analyzed and measured. Based on the data analysis that has been done, the results of this study indicate that the knowledge of local wisdom of Betawi culture among class VII students of State MTs 36 Jakarta is in the high category with a percentage of 76%. It can be seen from students who are able to carry out the learning of local wisdom of Betawi culture well while at school in the project of strengthening the profile of Pancasila students, according to the Ministry of Research and Technology and the Ministry of Education and Culture. The importance of local wisdom education for students is that with knowledge of local wisdom, students can preserve the culture of Betawi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Sujarwo, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 23657 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2024 03:35
Last Modified: 28 Jul 2024 03:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46890

Actions (login required)

View Item View Item