RAHMAH EGA QIBTIYYAH, . (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BUKU PANTAU DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BERIBADAH SHALAT PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (591kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Terlihat bahwa kurangnya disiplin dalam melaksanakan ibadah shalat menjadi masalah yang umum terjadi di berbagai kalangan, khususnya di kalangan peserta didik. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti minimnya pemahaman akan pentingnya ibadah, kurangnya motivasi internal, serta kurangnya dukungan dan kesadaran dari lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media buku pantau dalam meningkatkan didiplin beribadah shalat peserta didik di SMK Negeri 48 Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus untuk mengekplorasi terkait efektivitas penggunaan media buku pantau dalam meningkatkan disiplin beribadah shalat peserta didik di SMK Negeri 48 Jakarta. Pengumpulan data didapatkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori efektivitas pembelajaran, teori media pembelajaran, dan teori disiplin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pada aspek melaksanakan ibadah shalat secara tanggung jawab terbilang efektif karena dalam menggunakan media buku pantau peserta didik merasa terbantu dan merasakan adanya peningkatan dalam aspek melaksanakan ibadah shalat secara tanggung jawab. Dengan mencatat jadwal, progress, dan memantau pencapaian pribadi, peserta didik menjadi lebih terorganisir dan termotivasi untuk melaksanakan ibadah shalat secara lebih baik lagi. (2) pada aspek melaksanakan ibadah shalat secara tepat waktu terbilang efektif karena dalam menggunakan buku pantau peserta didik merasa terbantu dan merasakan adanya peningkatan dalam aspek melaksanakan ibadah shalat secara tepat waktu karena adanya buku pantau yang memperlihatkan kemajuan pelaksanaan ibadah shalat dari waktu ke waktu. (3) pada aspek melaksanakan ibadah shalat secara berjamaah terbilang masih belum efektif karena dalam penggunaan media buku pantau peserta didik merasa tidak adanya peningkatan dalam melaksanakan ibadah shalat secara berjamaah. Peserta didik menganggap bahwa buku pantau hanya sebagai alat bantu, sementara kesadaran dan dukungan dari lingkungan sekitar tetap menjadi faktor yang paling penting dalam meningkatkan pelaksanaan ibadah shalat secara berjamaah. ***** It is evident that the lack of discipline in performing prayers is a common issue across various demographics, especially among students. This is attributed to several factors such as a lack of understanding of the importance of worship, internal motivation, and insufficient support and awareness from the surrounding environment. Therefore, this research aims to evaluate the effectiveness of using monitoring books in enhancing the worship discipline of students at State Vocational High School 48 Jakarta. This study employs a qualitative descriptive research method with a case study approach to explore the effectiveness of using monitoring book media in improving worship discipline among students at SMK Negeri 48 Jakarta. Data collection methods include observation, interviews, and documentation. The theories used in this research are the theory of learning effectiveness, theory of instructional media, and theory of discipline. The results of this study indicate that: (1) in terms of responsibly performing prayers, the use of monitoring books is effective as students feel assisted and experience improvement in responsibly performing prayers. By recording schedules, progress, and monitoring personal achievements, students become more organized and motivated to perform prayers better. (2) in terms of performing prayers punctually, the use of monitoring books is effective as students feel assisted and experience improvement in punctually performing prayers due to the monitoring books showing the progress of prayer performance over time. (3) in terms of performing prayers in congregation, it is still considered ineffective as students feel no improvement in performing prayers in congregation. Students perceive monitoring books as mere aids, while awareness and support from the surrounding environment remain the most crucial factors in enhancing prayer performance in congregation
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Firdaus Wajdi, MA., Ph.D ; 2). Dr. Andy Hadiyanto, MA |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa Filsafat, Psikologi & Agama > Agama (Filsafat dan Teori Agama) Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 23614 not found. |
Date Deposited: | 28 Jul 2024 23:11 |
Last Modified: | 28 Jul 2024 23:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46952 |
Actions (login required)
View Item |