IRFAN MAULANA, . (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI “ISLAM AGAMAKU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 11 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (562kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang model media pembelajaran untuk peserta didik, mengembangkan sebuah produk media pembelajaran, dan menguji kelayakan produk media pembelajaran tersebut untuk diimplementasikan dalam pembelajaran, serta mengevaluasi media pembelajaran yang telah diuji kelayakannya dan telah diimplementasikan di dalam kelas berdasarkan dari hasil analisis kebutuhan yang telah dilaksanakan dengan materi yang digunakan mengenai menghindari akhlak madzmumah dan membiasakan akhlak mahmudah agar hidup nyaman dan berkah. Dalam proses penelitian dan penyusunannya, penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Develpoment (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang awalnya dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yang menggunakan 5 tahap pengembangan. Tahap Analisis menjelaskan mengenai analisis kebutuhan media pembelajaran yang dibutuhkan peserta didik dalam pembelajaran. Tahap Desain menjelaskan mengenai perancangan dasar yang akan dimuat ke dalam aplikasi seperti materi, video dan kuis. Tahap Pengembangan menjelaskan mengenai pengembangan aplikasi “Islam Agamaku” berdasarkan perancangan yang telah dibuat, lalu menguji kelayakannya melalui para ahli dengan hasil 78,75% dari ahli materi, 75% dari ahli media, 92,5% dari ahli pembelajaran dan saran perbaikan oleh para ahli. Tahap Implementasi menjelaskan mengenai implementasi aplikasi “Islam Agamaku” di SMAN 11 Jakarta kelas 10C yang berisi 35 orang peserta didik dengan hasil pre-test sebesar 56,5 dan hasil post-test sebesar 71,7 serta hasil angket ketertarikan dan kepuasan peserta didik menggunakan aplikasi “Islam Agamaku” dalam pembelajaran sebesar 92,5%. Tahap Evaluasi menjelaskan mengenai perbaikan dari aplikasi “Islam Agamaku” berdasarkan saran perbaikan oleh para ahli serta kelebihan dan kekurangan dari aplikasi “Islam Agamaku” berdasarkan implementasi yang dilakukan. ***** This manuscript discusses the application of the Montessori method in the alif montessori school in embedding the five dimensions of religious character. The application of the Montessori method became interesting because it was combined with the teaching of Islamic values. This research is limited to the application of montessori to the learning of Islam. The purpose of this research is to learn and analyze how the learning planning of pai is done at alif montessori school, to know and analyse how the implementation of learning of pai combined with the method of montessory in developing the 5 dimensions of religious character in students at the alif Montessori School and to find out and analysing how the evaluation of pai learning is done in alif Монтессори school. The type of research that is used is qualitative research with a descriptive quantitative approach. Data collection is done through observations, interviews and documentation using data reduction, data presentation and conclusion drawings. Then, validity checks are done with triangulation techniques. The results of the research revealed that: 1) the curriculum implemented at Alif Montessori School is a loving quran, i.e. a curricular that integrates montessori with the learning of the Qur'an 2) in the cultivation of religious character, the pupils are taught with the method of montessory, that is, to concrete what they are learning, centered on the pupil and pupils construct their experience into knowledge 3) the evaluation carried out is an authentic assessment, which is the assessment based not only on the cognitive aspects but also the affective and psychomotor aspects.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Amaliyah, M.A ; 2). Mushlihin, S.Pd.,M.A |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 23695 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 01:20 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 01:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46963 |
Actions (login required)
View Item |