PENGARUH KETERLIBATAN AYAH TERHADAP DISIPLIN BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI SERDANG 11 PAGI KOTA JAKARTA PUSAT)

NASYAFIA FEBRI ALFANI, . (2024) PENGARUH KETERLIBATAN AYAH TERHADAP DISIPLIN BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI SERDANG 11 PAGI KOTA JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlibatan ayah terhadap disiplin belajar anak usia sekolah di SD Negeri Serdang 11 Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 154 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala The Inventory of Father Involvement (IFI) dan Disiplin Belajar. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Keterlibatan ayah dengan disiplin belajar (β) = 0,817, dan nilai t hitung > t tabel (17,454 > 375), dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan koefisien determinasi (R2) = 0,667 yang berarti pengaruh Keterlibatan ayah terhadap Disiplin Belajar adalah sebesar 66,7%, sedangkan sisanya sebesar 33,3% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain. Kata kunci: Anak Usia Sekolah, Disiplin Belajar, Keterlibatan Ayah This study aims to analyze father's involvement in the learning discipline of school-age children at SD Negeri Serdang 11 Pagi. This study used a quantitative approach. The subjects of this study amounted to 154 students who were selected using purposive sampling technique. The data collection methods used were The Inventory of Father Involvement (IFI) scale and Learning Discipline. The data analysis technique used simple linear regression analysis test. The results showed that there was a positive and significant effect of father involvement with learning discipline (β) = 0.817, and the value of t count> t table (17.454> 375), and a significance value of 0.000 <0.05. And the coefficient of determination (R2) = 0.667, which means that the effect of father's involvement on learning discipline is 66.7%, while the remaining 33.3% is influenced by other factors or variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Uswatun Hasanah, M.Si 2. Mulyati, S.Pd., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 23890 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 23:18
Last Modified: 31 Jul 2024 23:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47149

Actions (login required)

View Item View Item