Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Desmos dengan Pendekatan Worked Example pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 20 Jakarta

FATHURACHIM PREVIATIKO BAYU DIRGANTARA, . (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Desmos dengan Pendekatan Worked Example pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 20 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa website menggunakan Desmos dengan pendekatan Worked Example pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMP kelas VII. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pada tahap define, materi yang dipilih adalah bentuk aljabar dan pendekatan yang digunakan adalah worked example. Tahap design menghasilkan desain awal media pembelajaran, yang selanjutnya akan dikembangkan menjadi media pembelajaran draf I, lalu divalidasi dan diuji coba pada tahap develop dengan revisi produk. Pada validasi ahli, diperoleh penilaian sebesar 93,75% oleh ahli materi dan bahasa, 83,75% oleh ahli media. Setelah validasi ahli, dilakukan revisi media pembelajaran draf I yang menghasilkan media pembelajaran draf II. Selanjutnya, dilanjutkan ke uji coba kepada guru dan siswa. Pada uji coba kelompok kecil kepada guru diperoleh 84,13% dan kepada siswa diperoleh 89,04%. Pada uji coba kelompok besar kepada guru diperoleh 85,29% dan kepada siswa diperoleh 86,51%. Maka, diperoleh rata-rata keseluruhan 87,08% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya, dilakukan tahap disseminate yang menghasilkan produk akhir yang disebarkan kepada guru di SMP Negeri 20 Jakarta. Oleh karena itu, media pembelajaran menggunakan Desmos dengan pendekatan Worked Example pada materi bentuk aljabar kelas VII dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dwi Antari Wijayanti, M Pd. ; 2) Tian Abdul Aziz, Ph. D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 24110 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:26
Last Modified: 30 Jul 2024 01:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47168

Actions (login required)

View Item View Item