PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI SMAN 3 TANGERANG

DITA KURNIA MAULIDA, . (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI SMAN 3 TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Metodelogi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka..pdf

Download (255kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran diskusi dengan media infografis terhadap minat belajar siswa pada kelas XI di SMAN 3 Tangerang. Penelitian menggunkan deskriptif kuantitatif. Waktu penelitian dilaksanakan bulan oktober sampai juni tahun 2024 di SMAN 3 Tangerang. Populasi pada penelitian adalah kelas XI IPS dengan jumlah 144 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS dengan jumlah 144 siswa. Teknis analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana. Dalam hasil uji instrumen penelitian, data yang bernilai valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh metode diskusi dengan media infografis terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS sebesar 9%, yang berarti bahwa metode diskusi tetap berpengaruh walaupun nilainya sangat kecil. maka dapat diketahui bahwa Ho ditolak Ha diterima, dengan nilai sig 0,040. Adapun metode belajar persentase dari lima indikator 88% dengan kategori sangat kuat. Persentase minat belajar dari 4 indikator 86% dengan kategori sangat kuat. Untuk hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan nilai rata-rata 71, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMAN 3 Tangerang yaitu 70. ***** The study aimed to analyze the effect of discussion learning method with infographic media on students' interest in learning in class XI at SMAN 3 Tangerang. The research used descriptive quantitative. The research was conducted from October to June 2024 at SMAN 3 Tangerang. The population in the study was class XI IPS with a total of 144 students. The sample in this study was class XI IPS with a total of 144 students. Technical data analysis used is simple linear regression. In the test results of research instruments, the data are valid and reliable. The results showed the influence of the discussion method with infographic media on the interest in learning of students in class XI IPS by 9%, which means that the discussion method still has an effect even though the value is very small. then it can be seen that Ho is rejected Ha is accepted, with a sig value of 0.040. The percentage of learning methods from five indicators is 88% with a very strong category. The percentage of interest in learning from 4 indicators is 86% with a very strong category. For the results of the End of Semester Assessment (PAS) with an average value of 71, with the value of the Minimum Completion Criteria (KKM) SMAN 3 Tangerang which is 70.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muzani Jalaludin, Dipl.Eng.,M.Si. ; 2). Dr. Oot Hotimah, S.Pd, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 22822 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 00:33
Last Modified: 30 Jul 2024 00:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47212

Actions (login required)

View Item View Item