PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN E-MODUL TATA RIAS GERIATRI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMKN 27 JAKARTA

AMELIA NATASYA, . (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN E-MODUL TATA RIAS GERIATRI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMKN 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar siswa yang masih di bawah rata – rata nilai ketuntasan secara teori pada sub materi tata rias geriatri di SMKN 27 Jakarta menuntut adanya perbaikan dari segi media pembelajaran dan pendekatan pembelajaran dalam proses belajar, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengkaji mengenai peningkatan hasil belajar siswa melalui e-modul Tata Rias Geriatri berbasis pendekatan saintifik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan e-modul tata rias wajah geriatri di kelas XI Tata Kecantikan SMKN 27 Jakarta dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan e-modul tata rias wajah geriatri di kelas XI Tata Kecantikan SMKN 27 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah dilakukannya pre-test pada awal siklus I sebelum tindakan diperoleh nilai rata – rata siswa sebesar 75,27 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 58,33% (21 siswa). Setelah akhir siklus I nilai rata – rata siswa meningkat menjadi sebesar 88,33 dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75% (27 siswa). Dikarenakan pada siklus I belum mencapai kriteria keberhasilan penelitian, maka dilanjutkan siklus II yang memperoleh nilai rata – rata siswa sebesar 93,44 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 97,22% (35 siswa). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan e-modul tata rias geriatri berbasis pendekatan saintifik pada kelas XI di SMKN 27 Jakarta dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena telah tercapainya kriteria keberhasilan penelitian, yaitu peningkatan ketuntasan belajar siswa klasikal sebesar 90%. Kata Kunci: E-modul Tata Rias Geriatri, Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Saintifik ***** Student learning outcomes which are still below the average theoretical completeness score in the geriatric cosmetology sub-material at SMKN 27 Jakarta require improvements in terms of learning media and learning approaches in the learning process, so this research was conducted to examine improving student learning outcomes through elearning. - Geriatric Cosmetology module based on a scientific approach. The research aims to determine student learning outcomes before using the geriatric facial make-up emodule in class The research method used in this research is classroom action research (PTK) with the Kemmis & McTaggart model which consists of 4 stages, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. The results of this research show that after carrying out a pre-test at the beginning of cycle I before the action, the average student score was 75.27 with a classical learning completeness percentage of 58,33% (21 students). After the end of cycle I, the students' average score increased to 88.33 with a classical learning completeness percentage of 75% (27 students).. Because cycle I had not yet reached the criteria for research success, cycle II was continued which obtained an average student score of 93,44 with a classical learning completion percentage of 97,22% (35 students). Thus it can be said that the use of e-modules of geriatric cosmetics based on scientific approach in class XI in SMKN 27 Jakarta can improve student learning results because they have achieved the criteria of research success, i.e. increased learning intensity of classical students by 90%. Keywords: Geriatric Cosmetology E-module, Student Learning Outcomes, Scientific Approach

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Titin Supiani, M.Pd. ; 2). Dr. Nurul Hidayah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Amelia Natasya .
Date Deposited: 29 Jul 2024 23:32
Last Modified: 29 Jul 2024 23:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47231

Actions (login required)

View Item View Item