ZEDALA MURTI BIRAH LANCAH SABA BESTARI, . (2024) RINTISAN USAHA PRODUK ONIGIRI SUBSTITUSI BERAS KETAN PUTIH DENGAN ISIAN OPOR AYAM DAN PELENGKAP SERUNDENG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
File_1_Zedala Murti_1508520049.pdf Download (722kB) |
|
Text
File. 2 (BAB 1)_Zedala Murti_15098520049.pdf Download (374kB) |
|
Text
File. 3 (BAB 2)_Zedala Murti_1508520049.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text
File. 4 (BAB 3)_Zedala Murti_1508520049.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text
File. 5 (BAB 4)_Zedala Murti_1508520049.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text
File. 6 (BAB 5)_Zedala Murti_1508520049.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text
File.7 (BAB 6)_Zedala Murti_1508520049.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text
File.8 (DAFTAR PUSTAKA)_Zedala Murti_1508520049.pdf Download (505kB) |
|
Text
File. 9 (LAMPIRAN & RIWAYAT HIDUP)_Zedala Murti_1508520049.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
Abstract
RINTISAN USAHA PRODUK ONIGIRI SUBSTITUSI BERAS KETAN PUTIH DENGAN ISIAN OPOR AYAM DAN PELENGKAP SERUNDENG Onigiri Nusantara Oishi merupakan bisnis usaha kuliner makanan selingan dari substitusi nasi ketan putih dengan isian opor ayam dan pelengkap serundeng. ONO merupakan inovasi baru pangan lokal yang unik, karena merupakan produk asimilasi antara makanan khas Jepang berupa onigiri atau nasi kepal dengan cita rasa Nusantara yaitu opor ayam dan serundeng. Rasa yang autentik dapat mudah diterima oleh lidah orang Indonesia dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan seperti anak kecil, remaja, hingga orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan rintisan usaha onigiri. Produk “ONO” memiliki keunggulan, yaitu unik, simple dan mampu menjadi alternative menu praktis, yang dapat dikonsumsi sambil beraktifitas. Promosi bisnis ini dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan Whatsapp juga melakukan promosi langsung atau offline, misalnya saat ada event spesial. Produk ini dipasarkan dengan harga satuan Rp 7.000,- satuan kemasan spesial Rp 8.500,- dan Rp 21.500,- kemasan box yang berisi 3 buah onigiri. Awal pada target penjualan, omzet yang direncanakan adalah sebesar Rp 1.612.500,. Penjualan dilakukan selama 1 bulan dengan mencapai bahkan melebihi target omzet, yaitu sebesar Rp 1.784.000,-. Berdasarkan analisis kelayakan usaha yang dilihat dari aspek pemasaran, aspek organisasi dan manajemen, aspek produksi dan aspek keuangan, bisnis ini layak untuk dijalankan dan dikembangkan. Kata Kunci: Onigiri, Nusantara, substitusi, praktis ko (****) RICE SUBSTITUTE ONIGIRI PRODUCT BUSINESS STARTUP WHITE GLUTINOUS RICE SUBTITUTION WITH CHICKEN BRAISED IN COCONUT MILK AND SERUNDENG COMPLIMENTARY ZEDALA MURTI BIRAH LANCAH S. B Tutor: Dr. Ir. Mahdiyah, M. Kes. ABSTRACT Onigiri Nusantara Oishi is a culinary business of substituting white sticky rice with chicken opor filling and serundeng complement. ONO is a new local food innovation that is unique, because it is an assimilation product between Japanese specialties in the form of onigiri or rice balls with the flavors of the archipelago, namely opor ayam and serundeng. The authentic taste can be easily accepted by the Indonesian tongue and can be consumed by all groups such as children, teenagers, and the elderly. This research aims to plan an onigiri business startup. “ONO” products have advantages, namely unique, simple and able to be an alternative practical menu, which can be consumed while doing activities. Promotion of this business is carried out through social media such as Instagram, Tiktok, and Whatsapp as well as direct or offline promotion, for example when there is a special event. This product is marketed at a unit price of IDR 7,000, - special packaging unit IDR 8,500, - and IDR 21,500, - packaging box containing 3 pieces of onigiri. Early on the sales target, the planned turnover was Rp 1,612,500. Sales were carried out for 1 month by reaching and even exceeding the turnover target, which amounted to IDR 1,784,000. Based on the business feasibility analysis seen from the marketing aspect, organizational and management aspects, production aspects and financial aspects, this business is feasible to run and develop. Keywords: Onigiri, Nusantara, substitusi, practical
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Ir. Mahdiyah, M. Kes. |
Subjects: | Tata Rias > Tata Boga |
Divisions: | FT > D IV Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan |
Depositing User: | Users 24013 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:47 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47244 |
Actions (login required)
View Item |