PENGEMBANGAN E-MODUL TEKNIK HIGHLIGHT PADA MATA KULIAH PEWARNAAN RAMBUT

ANMEL BYILMI WINONA, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL TEKNIK HIGHLIGHT PADA MATA KULIAH PEWARNAAN RAMBUT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Anmel - Cover 1 .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anmel - Bab I.pdf

Download (946kB)
[img] Text
Anmel - Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Anmel - Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Anmel - Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Anmel - Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
Anmel - Daftar Pustaka.pdf

Download (966kB)
[img] Text
Anmel - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Research and Development yang model pengembangannya menggunakan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini berangkat dari keterbatasan media pembelajaran pada Mata Kuliah Pewarnaan Rambut khususnya teknik highlight. Penelitian ini mengembangkan E-modul pewarnaan rambut teknik Highlight yang bertujuan sebagai media pembelajaran yang mengacu pada CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) pada mata kuliah Pewarnaan Rambut dengan menggunakan aplikasi Figma. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket (kuesioner) sebagai uji validitas kepada ahli materi dan ahli media serta uji praktikalitas yang dilakukan oleh mahasiswa dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli materi yaitu 85% dengan kategori sangat layak dan uji validitas oleh ahli media yaitu 99% dengan kategori sangat layak. Hasil praktikalitas dari uji coba perseorangan yaitu 90,67% dengan kategori sangat praktis dan untuk nilai praktikalitas uji coba terbatas yaitu sebesar 98,30% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penilaian tersebut, e-modul pewarnaan rambut teknik Highlight yang digunakan sebagai media pembelajaran telah dinilai sangat layak dan praktis. Kata Kunci: E-Modul, Figma, Pengembangan, Pewarnaan Rambut Teknik Highlight. (*****) This research is part of a research and development model that uses 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). This research is based on the limitations of the learning media for high school hair coloring, in particular highlight techniques. This research develops the E-module hair coloring highlight technique, which aims to be a learning medium, referring to the CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) in the hair coloring courses using the Figma application. The data collection technique used in this study is the dissemination of an angket (questionary) as a validity test to materialists and media experts, as well as a practicality test performed by students with qualitative and quantitative data analysis techniques. The results of the study showed that the validation result of the material expert was 85% in the very qualified category, and the validity test by the media expert was 99% in the very qualified category. The practicality result from the individual test was 90.67% in the highly practical category, and the practicality value of the limited test was 98.30% in the very practical category. Based on the assessment, the e-module of hair coloring technique Highlight used as a learning medium has been assessed as highly efficient and practical. Keywords: Development, E-Module, Figma, Hair Coloring Technique Highlight.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurul Hidayah, M. Pd. 2). Titin Supiani, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 23917 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 00:02
Last Modified: 30 Jul 2024 00:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47266

Actions (login required)

View Item View Item