HUBUNGAN LITERASI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDI KUANTITATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 252 JAKARTA)

FATHIMA TUZZAHRA TAWAINELLA, . (2024) HUBUNGAN LITERASI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDI KUANTITATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 252 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 7 di SMPN 252 Jakarta. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, sampel penelitian terdiri dari 100 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling dari total populasi 284 siswa. Instrumen penelitian dengan menggunakan angket yang mencakup kategori sering, kadang – kadang, jarang dan tidak pernah yang seluruhnya diberikan melalui google formulir. Instrumen penelitian kemudian akan diuji dan menghasilkan 32 pertanyaan yang valid dan reliabel dari 40 pertanyaan untuk setiap variabel. Selanjutnya, data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji normalitas dengan hasil variabel x yaitu 0,037 dan hasil variabel y yaitu 0,200 yang dsimpulkan berdistribusi normal, lalu untuk hasil uji linearitas dengan nilai signifikansi 0,925 > 0,05 dengan hasil yang linear. Sehingga memenuhi syarat untuk selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil uji korelasi pearson product moment yang didapat dari rhitung > rtabel (0,710 > 0,312) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 yang menunjukan bahwa literasi dengan kemampuan berpikir kritis memiliki hubungan yang kuat antara (variabel bebas) literasi berhubungan dengan (variabel terikat) kemampuan berpikir kritis. Hasil perhitungan koefisien determinasi yang di mana Nilai koefisien determinasi yaitu R Square sebesar 50,5% yang mengandung pengertian bahwa hubungan (variabel bebas) literasi dengan (variabel terikat) kemampuan berpikir kritis yang berarti hubungannya tinggi atau kuat dan terakhir hasil Uji T nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Kemudian nilai t hitung > t tabel (17,402 > 3,94). Dari kedua nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial literasi (X) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa literasi akan memberikan hubungan yang tinggi dan kuat dengan nilai 50,5% untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa khususnya kelas 7 di SMPN 252 Jakarta.*****This research aims to determine the relationship between literacy and critical thinking abilities of grade 7 students at SMPN 252 Jakarta. This research uses a quantitative approach with a correlational method, the research sample consists of 100 students selected using a simple random sampling technique from a total population of 284 students. The research instrument used a questionnaire that included the categories often, sometimes, rarely and never, all of which were given via Google Form. The research instrument will then be tested and produce 32 valid and reliable questions out of 40 questions for each variable. Next, the data collected was analyzed using a normality test with the result for variable x being 0.037 and the result for variable y being 0.200 which was concluded to be normally distributed, then for the linearity test results with a significance value of 0.925 > 0.05 with linear results. So that it meets the requirements for further hypothesis testing. The results of hypothesis testing show that the results of the Pearson product moment correlation test are obtained from rcount > rtable (0.710 > 0.312) and a significance value of 0.000 < 0.005 which shows that literacy and critical thinking skills have a strong relationship between (independent variables) literacy is related to (variables bound) critical thinking skills. The results of calculating the coefficient of determination where the coefficient of determination value is R Square of 50.5% which means that the relationship (independent variable) literacy with (dependent variable) critical thinking ability which means the relationship is high or strong and finally the T Test results have a significance value ( 0.000 < 0.05). Then the calculated t value > t table (17.402 > 3.94). From these two values it can be concluded that there is a partial influence of literacy (X) on critical thinking abilities (Y). Thus, it can be concluded that literacy will provide a high and strong relationship with a value of 50.5% for increasing students' critical thinking skills, especially grade 7 at SMPN 252 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Achmad Husen, M.Pd ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, SH., MH
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 22644 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 00:38
Last Modified: 30 Jul 2024 00:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47267

Actions (login required)

View Item View Item