PASAR TRADISIONAL SEBAGAI INSTITUSI SOSIAL (STUDI KASUS: DELAPAN PEDAGANG DI PASAR LOKASI BINAAN MERUYA UTARA JAKARTA BARAT)

YANTI AGUSTINA, . (2024) PASAR TRADISIONAL SEBAGAI INSTITUSI SOSIAL (STUDI KASUS: DELAPAN PEDAGANG DI PASAR LOKASI BINAAN MERUYA UTARA JAKARTA BARAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy

Abstract

Pasar sebagai institusi sosial adalah struktur yang membentuk aturan dan norma melibatkan pedagang di dalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana performa pedagang beradaptasi di Pasar Lokasi Binaan Meruya Utara dan melihat bagaimana pasar tradisional berperan sebagai institusi sosial Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis menggunakan naratif. Penelitian ini dilakukan di pasar Lokasi Binaan (Lokbin) yang terletak di wilayah Meruya Utara RT 018/RW 004, Kel. Meruya Utara, Kec. Kembangan, Jakarta Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada kurun waktu bulan November 2022 sampai September 2023. Subjek penelitian terdiri dari delapan orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi di wilayah penelitian, wawancara informan, dokumentasi, dan diperkuat dengan informan triangulasi oleh Kak ANA sebagai perencana keuangan syariah dan Bapak MA sebagai pengelola pasar tradisional Lokbin Meruya Utara,serta studi Pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang di pasar Lokasi Binaan Meruya Utara memiliki performa yang mendukung mereka untuk berdagang. Performa ini ini memiliki dua faktor yaitu secara intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik adalah faktor yang dipengaruhi oleh keadaan pribadi sedangkan faktor ekstrinsik adalah faktor yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Faktor yang dimiliki pedagang mendukung terciptanya efektifitas berupa pasar yang diminati, kualitas barang yang baik, retribusi yang murah, dan kondisi fisik pasar yang bersih dan aman. Selain itu, pasar tradisional sebagai institusi sosial menghubungkan jaringan individu satu dengan kelompok lainnya. Pada hubungan ini juga terjalin hubungan yang saling menghubungkan etnis yang sama dengan mereka. Hubungan ini tergolong kepada patembayan yang diurus oleh pengelola pasar Lokbin Meruya Utara. Selain itu, pasar sebagai tradisional juga memberikan aturan atau batasan berupa nilai dan norma. ***** The market as a social institution is a structure that forms rules and norms involving traders in it. This research aims to describe how the performance of traders adapts to the North Meruya Targeted Market and see how traditional markets act as social institutions This research uses a qualitative approach with analysis using narrative. This research was conducted at the Target Location (Lokbin) market located in the North Meruya area RT 018/RW 004, Kel. North Meruya, District. Kembangan, West Jakarta. This research was carried out in the period November 2022 to September 2023. The research subjects consisted of eight people. Data collection was carried out by observation in the research area, informant interviews, documentation, and reinforced with informant triangulation by Ms. ANA as a sharia financial planner and Mr. MA as manager of the North Meruya Lokbin traditional market, as well as literature studies. The results of this research show that traders in the North Meruya Targeted Location market have performance that supports them in trading. This performance has two factors, namely intrinsic and extrinsic. Intrinsic factors are factors that are influenced by personal circumstances, while extrinsic factors are factors that are influenced by environmental conditions. Factors owned by traders support the creation of effectiveness in the form of a popular market, good quality goods, cheap fees, and clean and safe physical conditions of the market. In addition, traditional markets as social institutions connect individual networks with other groups. In this relationship, a relationship is also established that connects the same ethnic group as them. This relationship belongs to Patembayan which is managed by the North Meruya Lokbin market manager. Apart from that, traditional markets also provide rules or boundaries in the form of values and norms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si. ; 2). Dr. Yuanita Aprilandini, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 23891 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:35
Last Modified: 31 Jul 2024 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47298

Actions (login required)

View Item View Item