PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PERAWATAN RAMBUT SECARA BASAH (CREAMBATH) PADA MATA KULIAH PERAWATAN, PRATATA, DAN PENATAAN RAMBUT(P3R)

DINDA AFIA ARTANTI, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PERAWATAN RAMBUT SECARA BASAH (CREAMBATH) PADA MATA KULIAH PERAWATAN, PRATATA, DAN PENATAAN RAMBUT(P3R). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan E-Modul Perawatan Rambut Secara Basah (creambath) pada penelitian ini dikembangkan dengan aplikasi Canva. Aplikasi Canva merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat desain berbasis web link. E-Modul Perawatan Rambut Secara Basah (creambath) mengacu pada CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) pada mata kuliah Perawatan, Pratata, dan Penataan Rambut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran E-Modul Perawatan Rambut Secara Basah (creambath) yang layak digunakkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuisioner sebagai penilaian uji validasi oleh ahli materi dan media, serta uji praktikalitas oleh 5 mahasiswa small group, dan 20 mahasiswa field group. Hasil penelitian ini menunjukan hasil uji validasi ahli materi tahap ke-1 ialah 57% dan tahap ke-2 81%, uji validasi ahli media tahap ke-1 ialah 86,7% dan tahap ke-2 ialah 95,5% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas pada small group dari 3 orang mahasiswa sebesar 90,6% dan pada field test oleh 20 mahasiswa sebesar 93,6% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan penilaian yang telah didapatkan, produk E-Modul untuk pembelajaran perawatan rambut secara basah (creambath) telah layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.***** The development of the Wet Hair Care E-Module (creambath) in this study was developed with the Canva application. The Canva application is an application used to create web link-based designs. The Wet Hair Care E-Module (creambath) refers to the CPMK (Course Learning Outcomes) in the Treatment, Pre-styling, and Hair Styling courses. The purpose of this research is to produce a learning medium for the E-Module of Wet Hair Care (creambath) that is suitable for use. This research uses the Research and Development (R&D) method with a 4D development model, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The data collection technique used in this study is a questionnaire as an assessment of validation tests by material and media experts, as well as practicality tests by 5 small group students, and 20 field group students. The results of this study show that the results of the fisrt stage of material expert validation test are 57% and the second stage level 81%, the fisrt stage media expert validation test is 86.7% and the second stage level is 95.5% with the "very valid" category. The results of the practicality test in a small group of 3 students were 90.6% and in a field test by 20 students was 93.6% in the category of "very feasible". Based on the assessment that has been obtained, the E-Module product for learning to take care of hair by wetting (creambath) has been feasible and practical to be used as a learning medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sri Irtawidjajanti, M.Pd 2). Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Dinda Afia Artanti .
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:17
Last Modified: 30 Jul 2024 05:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47345

Actions (login required)

View Item View Item