PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

TYA DEVIYANI, . (2024) PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja membutuhkan pemenuhan kebutuhan yang sesuai, yang bisa diwujudkan melalui penciptaan lingkungan belajar yang kondusif serta dukungan sosial dari orang tua dan sekolah. Kondisi lingkungan sekolah dan dukungan orang tua memainkan peran penting dalam mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman remaja. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh iklim sekolah dan dukungan orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah menengah atas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan pengambilan data dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2024. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah responden sebanyak 288 siswa. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa iklim sekolah dan dukungan Orang Tua berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa (p-value = 0,000 < 0,05). Lingkungan fisik yang mendukung, interaksi guru dan siswa, dan orientasi guru dalam pembelajaran yang baik, serta dukungan Orang Tua secara pengasuhan dan pemberian pembelajaran di rumah terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Oleh karena itu, lingkungan sekolah perlu menciptakan iklim yang positif, yang didukung oleh peran orang tua di rumah dengan menerapkan pola asuh yang mendukung perkembangan kognitif dan literasi anak. Dengan demikian, siswa dapat menikmati pembelajaran dan mampu membaca teks dengan baik, sehingga memiliki kemampuan membaca pemahaman yang baik. Kata kunci: iklim sekolah, dukungan orang tua, kemampuan membaca pemahaman, siswa sekolah menengah atas ***** Adolescence requires the fulfillment of appropriate needs, which can be achieved through the creation of a conducive learning environment and social support from both parents and schools. The school environment and parental support play crucial roles in influencing adolescents' reading comprehension abilities. This study aims to determine the influence of school climate and parental support on the reading comprehension skills of high school students. The research employed a quantitative associative approach, with data collection conducted from May to June 2024.The study was carried out by distributing questionnaires. The research sample was selected using cluster sampling techniques, with a total of 288 respondents. Regression test results indicated that the school climate and parental support significantly influence students' reading comprehension skills (p-value = 0.000 < 0.05). A supportive physical environment, interactions between teachers and students, teachers' orientation in good teaching practices, as well as parental support in upbringing and providing learning at home, have been proven to enhance students' reading comprehension abilities. Therefore, schools need to create a positive climate, supported by parents' roles at home by applying parenting styles that foster children's cognitive development and literacy. This way, students can enjoy learning and effectively comprehend texts, thereby possessing good reading comprehension skills. Keywords: high school students, reading comprehension skill, parental support, school climate

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Maya Oktaviani, M.Pd. 2). Elmanora, S.Si., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Tya Deviyani .
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:30
Last Modified: 30 Jul 2024 05:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47359

Actions (login required)

View Item View Item