RHESNA SAGITA CHAERANI, . (2024) PENGARUH INTERAKSI GURU-SISWA DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (406kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Interaksi guru-siswa dan dukungan orang tua merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi motivasi membaca pada siswa sekolah dasar. Motivasi membaca pada siswa sekolah dasar merupakan kunci keberhasilan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi guru (X1) dan dukungan orang tua (X2) terhadap motivasi membaca siswa (Y). Penelitian menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 288 siswa pada Mei-Juni 2024. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan interaksi guru (x1) terhadap motivasi membaca siswa (y) (p-value = 0,001 < 0,05); dan (2) terdapat pengaruh signifikan dukungan orang tua (x2) terhadap motivasi membaca siswa (y) (p-value= 0,005 < 0,05). Penelitian ini mengindikasikan bahwa interaksi guru yang positif dan dukungan orang tua yang optimal dapat meningkatkan motivasi membaca siswa. Implikasi penting bagi praktik pedagogis adalah perlunya membekali guru dengan strategi interaksi efektif, seperti membangun hubungan positif, menciptakan suasana belajar kondusif, memberikan umpan balik konstruktif, dan mendorong partisipasi aktif siswa. Selain itu, sekolah juga perlu melibatkan peran aktif orang tua untuk memberikan dukungan yang memadai bagi motivasi membaca siswa. Kata kunci: dukungan orang tua, interaksi guru siswa, motivasi membaca ***** Teacher-student interaction and parental support are important factors that can influence reading motivation in high school students. Reading motivation in high school students is the key to success in learning. This study aims to determine the effect of teacher interaction (X1) and parental support (X2) on students' reading motivation (Y). The study used an associative quantitative method by collecting data through questionnaires from 288 students in May-June 2024. The regression test results show that: (1) there is a significant effect of teacher interaction (x1) on students' reading motivation (y) (p-value = 0.001 < 0.05); and (2) there is a significant effect of parental support (x2) on students' reading motivation (y) (pvalue = 0.005 < 0.05). This study indicates that positive teacher interaction and optimal parental support can increase students' reading motivation. An important implication for pedagogical practice is the need to equip teachers with effective interaction strategies, such as building positive relationships, creating a conducive learning atmosphere, providing constructive feedback, and encouraging active student participation. In addition, schools also need to involve active parental roles to provide adequate support for students' reading motivation. Keywords: parental support, reading motivation, teacher-student interaction
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Elmanora, M.Si. 2). Maya Oktaviani, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Users 24122 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 05:24 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 05:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47368 |
Actions (login required)
View Item |