IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS X DI SMAN 13 JAKARTA

ADE ZAENATUL KHASANAH, . (2024) IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS X DI SMAN 13 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi ini, dunia pendidikan mengalami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang semakin cepat, yang dapat memberikan perubahan besar terhadap peradaban. Namun pendekatan pendidikan yang diterapkan di Indonesia saat ini sebagian besar masih menerapkan metode pembelajaran klasikal dan berpusat pada guru. Dalam hal ini guru dituntut untuk menciptakan suatu pelajaran yang mana hasilnya harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran tutor sebaya diharapkan mampu mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas X-8 di SMA Negeri 13 Jakarta. Dan hasil setelah diterapkannya metode pembelajaran tersebut dalam meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian, pengecekan keabsahan dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa, dari 19 siswa yang ada sebelum diterapkannya metode pembelajaran tutor sebaya hanya 7 siswa yang tuntas memperoleh nilai sesuai standar yang diterapkan guru, sedangkan 12 siswa lainnya belum tuntas dalam hal penguasaan baca Qur’an. Tetapi setelah diterapkannya metode pembelajaran tutor sebaya ini, seluruh siswa dalam kelas tersebut dinyatakan tuntas dalam penguasaan materi dan praktik baca Qur’an dengan mendapat nilai standar yang ditetapkan guru. Adanya peningkatan sekitar 23% dengan persentase 71,05 dan 83,15. Berdasarkan uraian tersebut dapat dinyatakan bahwa implementasi metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa kelas x-8 di SMA Negeri 13 Jakarta. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Kemampuan Membaca Al-Qur’an ***** In this era of globalization, the field of education is experiencing rapid advancements in science and information technology, which significantly influence civilization. However, the educational approaches currently applied in Indonesia mostly rely on classical teaching methods centered around teachers. In this context, teachers are required to create lessons that align with the learning objectives. Peer tutoring methods are expected to achieve these learning goals. The aim of this study is to investigate the implementation process of peer tutoring methods to enhance Quran reading skills among 10th- grade students at SMA Negeri 13 Jakarta, and to evaluate the outcomes of applying this teaching method in improving student abilities. This research employs a qualitative descriptive approach. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation, employing data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Validity checks are conducted using triangulation techniques. The results indicate an improvement in students' Quran reading abilities. Before implementing the peer tutoring method, only 7 out of 19 students met the teacher's standards, while the remaining 12 students did not master Quran reading. However, after implementing the peer tutoring method, all students in the class successfully met the standards in Quranic reading proficiency, marking a 23% with percentage 71,05 and 83,15. Improvement overall. Based on these findings, it can be concluded that the implementation of peer tutoring methods effectively enhances Quran reading skills among 10 th-grade students at SMA Negeri 13 Jakarta. Keywords: Peer Tutoring Method, Quran Reading Skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, M.A., Ph.D. ; 2). Dr. H. Sa’dullah, S.Ag., M.Ag., M.Si
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 23812 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:55
Last Modified: 31 Jul 2024 00:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47388

Actions (login required)

View Item View Item