PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PINTEREST TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN BUSANA (SURVEI DI SMK NEGERI 33 JAKARTA)

REYNANDA ADISTY PUTRI, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PINTEREST TERHADAP HASIL BELAJAR DESAIN BUSANA (SURVEI DI SMK NEGERI 33 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media sosial pinterest pada hasil belajar desain busana siswa kelas X di SMK Negeri 33 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain penelitian one group pretest posttest Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest yang diberikan kepada 32 siswa dan data kuesioer dengan indikator alokasi waktu, sosial media yang dimiliki, kegunaan media sosial dan dampak media sosial. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas dan uji normalitas, sedangkan untuk mendapatkan informasi pengaruh penggunaan media sosial pinterest pada hasil belajar desain busana menggunakan uji t-test dan regresi linear.Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media sosial pinterest pada hasil belajar desain busana melalui hasil analisis uji t-test (thitung 13,293 > ttabel 2,093) dan hasil uji regresi linier sederhana yaitu 0,620 atau 62%, hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial pinterest memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : hasil belajar, media sosial, desain busana ***** This study aims to determine the influence of using Pinterest social media on fashion design learning outcomes of 10th-grade students at SMK Negeri 33 Jakarta. The research methodology employed was an experiment with a quantitative approach using a one-group pretest-posttest research design. Data collection involved pre-tests and post-tests administered to 32 students and questionnaire data about the use of social media with indicators of time allocation, social media owned, use of social media, and impact of social media. Data analysis techniques included validity tests, reliability tests, and normality tests. To assess the influence of Pinterest social media usage on fashion design learning outcomes, t-tests, and simple linear regression were conducted. The research findings indicate a significant impact of Pinterest social media usage on fashion design learning outcomes, as evidenced by the t-test analysis (t-value 13.293 > critical t-value 2.093) and the simple linear regression result of 0.620 or 62%. It can be concluded that the use of Pinterest social media has a high influence on student learning outcomes. Keywords: learning outcomes, social media, fashion design

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Vivi Radiona Sofyani Putri, S.Pd., M.Pd ; 2). Dr. Dewi Suliyanthini, AT., M.M
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Reynanda Adisty Putri .
Date Deposited: 01 Aug 2024 23:10
Last Modified: 01 Aug 2024 23:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47397

Actions (login required)

View Item View Item