PENGUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PROGRAM JUMAT BERKAH (STUDI KUALITATIF DI SMA NEGERI 33 JAKARTA)

ARRINI NAYSILLA MADANI, . (2024) PENGUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PROGRAM JUMAT BERKAH (STUDI KUALITATIF DI SMA NEGERI 33 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penguatan karakter peduli sosial peserta didik melalui program Jumat Berkah di SMA Negeri 33 Jakarta. Pada penelitian ini menggunakan desain dan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan sepuluh narasumber, delapan diantaranya adalah peserta didik kelas X, satu wakil kepala bidang kesiswaan, dan salah satu dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia sebagai expert opinion. Temuan pada penelitian ini yaitu bahwa program Jumat Berkah termasuk dalam pembiasaan rutin karena sudah terprogram dan terjadwal. Pada temuan mengenai karakter peduli sosial peserta didik di SMA Negeri 33 Jakarta ditunjukkan melalui perilaku peserta didik yang saling membantu, berempati, berteman dengan siapa saja, menghargai perbedaan, bekerjasama, berbagi, dan meminjamkan barang yang dimiliki. Sedangkan pada proses penguatan karakter peduli sosial melalui program Jumat Berkah di SMA Negeri 33 Jakarta dilakukan melalui sebuah pembiasaan kegiatan yang dilakukan secara berulang dan terus menerus pada pelaksanaan program Jumat Berkah. Pembiasaan tersebut meliputi pembiasaan berbagi, bekerjasama, tertib mengantre, mengambil/memberikan makanan minuman secukupnya, dan berterima kasih ketika telah mendapatkan makanan minuman pada pelaksanaan program Jumat Berkah. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini yaitu karakter peduli sosial peserta didik menunjukkan perilaku peduli sosial yang baik. Sedangkan pada proses penguatan karakter peduli sosial melalui program Jumat Berkah di SMA Negeri 33 Jakarta dilakukan dengan pembiasaan yang meliputi pembiasaan berbagi, bekerjasama, tertib mengantre, mengambil/memberikan makanan minuman secukupnya, dan berterima kasih ketika telah mendapatkan makanan minuman pada pelaksanaan program Jumat Berkah. ***** This study aims to describe how to strengthen the social care character of students through the Friday Blessing program at SMA Negeri 33 Jakarta. This research uses a research design and approach, namely a qualitative approach using descriptive methods. The data collection in this study was carried out by observation and interviews with ten sources, eight of which were grade X students, one deputy head of student affairs, and one lecturer from the Indonesian Education University as an expert opinion. The findings in this study are that the Friday Blessing program is included in routine habituation because it is programmed and scheduled. The findings regarding the social care character of students at SMA Negeri 33 Jakarta are shown through the behavior of students who help each other, empathize, make friends with anyone, respect differences, cooperate, share, and lend their belongings. Meanwhile, the process of strengthening the character of social care through the Friday Blessing program at SMA Negeri 33 Jakarta is carried out through a habituation of activities carried out repeatedly and continuously in the implementation of the Friday Blessing program. The habituation includes the habituation of sharing, cooperation, orderly queuing, taking/giving enough food and drink, and thanking when you get food and drink in the implementation of the Friday Blessing program. The conclusion obtained in this study is that the social care character of students shows good social care behavior. Meanwhile, the process of strengthening the character of social care through the Friday Blessing program at SMA Negeri 33 Jakarta is carried out by habituation which includes habituation of sharing, cooperation, orderly queuing, taking/giving enough food and drink, and thanking when you get food and drink in the implementation of the Friday Blessing program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yasnita, M.Si. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 22486 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:49
Last Modified: 31 Jul 2024 01:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47441

Actions (login required)

View Item View Item