PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM KEMAMPUAN NUMERASI

ANISYA SEPTIANA, . (2024) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM KEMAMPUAN NUMERASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Efikasi diri sangat penting bagi siswa karena keyakinan pada kemampuan diri sendiri dapat menentukan bagaimana mereka menghadapi tantangan akademik, salah satu nya dalam bidang numerasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua dan iklim sekolah terhadap efikasi diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif asosiatif. Data dikumpulkan pada bulan Maret hingga Mei 2024 melalui penyebaran kuesioner. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling di salah satu sekolah negeri di Jakarta dengan melibatkan 140 responden. Hasil uji regresi menunjukan bahwa keterlibatan orang tua dan iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri siswa (p-value=0,000<0,05). Oleh karena itu, dukungan, bimbingan, dan lingkungan yang kondusif dari kedua lingkungan ini mampu membantu siswa mengembangkan rasa percaya diri dan keyakinan terhadap kemampuan mereka. Kata Kunci: efikasi diri, iklim sekolah, keterlibatan orang tua ********** Self-efficacy is very important for students because belief in their own abilities can determine how they face academic challenges, one of which is in the field of numeracy. This study aims to determine the effect of parental involvement and school climate on student self-efficacy. The method used in this study is an associative quantitative approach. Data were collected from March to May 2024 through the distribution of questionnaires. The sample was selected using simple random sampling technique in one of the public schools in Jakarta involving 140 respondents. The regression test results show that parental involvement and school climate have a significant effect on student self-efficacy (p-value=0.000<0.05). Therefore, support, guidance, and a conducive environment from these two environments can help students develop confidence and belief in their abilities. Keywords: parental involvement, school climate, self-efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Elmanora, S.Si.,M.Si. ; 2). Maya Oktaviani, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 24119 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:23
Last Modified: 31 Jul 2024 00:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47465

Actions (login required)

View Item View Item