MODEL PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INDONESIA BERBASIS TECHNOLOGY INTEGRATED METAPHORMING

YATI SUWARTINI, . (2024) MODEL PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INDONESIA BERBASIS TECHNOLOGY INTEGRATED METAPHORMING. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover'.pdf

Download (846kB)
[img] Text
2. Bab I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INDONESIA BERBASIS TECHNOLOGY INTEGRATED METAPHORMING (Penelitian Pengembangan Di SMP Labschool Kebayoran) Yati Suwartini Lingustik Terapan ABSTRAK Menulis bagi peserta didik membutuhkan kemampuan berpikir kreatif yang perlu dikemas dalam sebuah model pembelajaran. Menulis cerita pendek merupakan salah satu kegiatan menulis kreatif. Penelitian terkait peningkatan keterampilan menulis dengan model pembelajaran metaphorming berbantuan teknologi masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran menulis bahasa Indonesia berbasis technology integrated metaphorming yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan model ini mengacu pada Model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, meliputi: preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 5 (lima) instrumen, yaitu 1) instrumen analisis kebutuhan, 2) instrumen analisis kondisi, 3) instrumen validasi (telaah pakar), 4) instrumen praktikalitas, dan 5) instrumen menulis cerita pendek. Data diperoleh dalam bentuk hasil survei, hasil telaah dokumen, hasil wawancara, nilai keterampilan menulis siswa, data validitas, data praktikalitas, dan data efektivitas. Selanjutnya, data-data tersebut dielaborasikan dengan teknik analisis statistik deskriptif dengan berbantuan SPSS. Uji coba lapangan dilakukan di SMP Labschool Kebayoran. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran menulis bahasa Indonesia yang dilengkapi dengan tiga produk penunjang, yaitu e-book guru, e-book siswa, dan instrumen menulis cerita pendek. Hasil analisis validitas dan praktikalitas menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan sangat praktis. Lebih lanjut, hasil uji t pada data pretest dan postest menunjukkan perbedaan rata-rata keterampilan menulis cerita pendek peserta didik yang signifikan secara statistik (p-value <0.05). Lebih lanjut, hasil analisis N-Gain menunjukkan peningkatan yang berada pada kategori tinggi dengan faktor gain sebesar 0.61. oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menulis bahasa Indonesia berbasis technology integrated metaphorming yang diaktualisasikan dalam produk penunjang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia. Kata Kunci: Menulis Kreatif, Metaphorming, Model Pembelajaran, Technology Integrated Metaphorming ********* TECHNOLOGY INTEGRATED METAPHORMING-BASED LEARNING MODEL IN BAHASA INDONESIA WRITING SKILL (Research Development Approach at SMP Labschool Kebayoran) Yati Suwartini Applied Linguistics ABSTRACT Writing skills for students require creativity conducted in a learning model. Writing a short story is classified to be creative writing. This research is intended to develop a learning model in Bahasa Indonesia writing skill on the basis of technology integrated metaphorming which considers validity, practicality and effectivity. The process of the developing such model is according to Plomp Model consists of three phases, comprising preliminary research, prototyping phase and assessment phase. The data in this research is collected through five instruments; 1) need analysis instrument, 2) field condition analysis instrument, 3) validation instrument (expert review), 4) practicality instrument, and 5) writing a short story instrument. The data is obtained from the result of surveys, document analysis, interviews, students' grade on writing skills, data validity, data practicality and data effectivity. Hereinafter, the data is elaborated with statistical descriptive analysis technique using Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Field trial was conducted in SMP Labschool Kebayoran. This research generates a learning model for Bahasa Indonesia writing skill completed with three supplementary products; teachers e-book, students e-book and instruments of writing a short story. The result of validity analysis and practicality analysis indicate that the developed learning model meets the criteria of validity and practicality at its best. Furthermore, the T test result on a pre-test and a post-test data signify a statistically significant distinct average writing a short story performance on students (p-value <0.05). Moreover, N-Gain analysis result displays high category of improvement, of 0.61 gain factor. Therefore, it can be inferred that the learning model using Technology Integrated Metaphorming in Bahasa Indonesia writing skill that is substantiated in supplementary products has met the criteria of validity, practicality and effectivity in developing Bahasa Indonesia writing skills. Keywords: Creative Writing, Metaphorming, Learning Model, Technology Integrated Metaphorming

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Muchlas Suseno, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Yati Suwartini .
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:04
Last Modified: 31 Jul 2024 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47488

Actions (login required)

View Item View Item