STRATEGI GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 232 JAKARTA

FARAH ADILAH, . (2024) STRATEGI GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 232 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik dan mengapa di perlukan strategi dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik di SMP Negeri 232 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 232 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdapat 5 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam pembelajaran IPS untuk mengembangkan keterampilan sosial peserta didik dilakukan dengan (1) diskusi kelompok untuk melatih keterampilan berinteraksi dengan teman sebaya, (2) ceramah untuk melatih kepatuhan peserta didik, (3) role playing atau sosiodrama untuk melatih keterampilan berinteraksi dan perilaku assertive, (4) pemecahan masalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis, (5) inquiry untuk melatih menghubungkan apa yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Pemilihan strategi yang tepat sangat penting bagi seorang guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik, strategi yang tepat mengacu pada tujuan dibuatnya strategi yaitu : (1) sarana evaluasi, (2) Memberikan gambaran tujuan, (3) mengembangkan kreativitas dan inovasi. ***** This study aims to determine the social studies teacher's strategy in developing students' social skills and why a strategy is needed in developing students' social skills at SMP Negeri 232 Jakarta. The research was conducted at SMP Negeri 232 East Jakarta. The research method used is descriptive with qualitative approach. The subjects in this study were 5 informants. The results of this study indicate that strategies in social studies learning to develop students' social skills are carried out by (1) group discussions to train skills to interact with peers, (2) lectures to train students' compliance, (3) role playing or sociodrama to train interaction skills and assertive behavior, (4) problem solving to train critical thinking skills, (5) inquiry to train connecting what is learned with real life. The selection of the right strategy is very important for a social studies teacher in developing students' social skills, the right strategy refers to the purpose of making the strategy, namely: (1) a means of evaluation, (2) Provide an overview of the objectives, (3) develop creativity and innovation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman,M.Si. ; 2). Shahibah Yuliani, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 23861 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:22
Last Modified: 31 Jul 2024 00:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47490

Actions (login required)

View Item View Item