FENOMENA THRIFTING SEBAGAI ALTERNATIF KONSUMSI PAKAIAN BEKAS BERMEREK DI KALANGAN REMAJA (STUDI KASUS: 5 KONSUMEN REMAJA DI 3 THRIFT SHOP KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON)

ASTRI ATHIFAH, . (2024) FENOMENA THRIFTING SEBAGAI ALTERNATIF KONSUMSI PAKAIAN BEKAS BERMEREK DI KALANGAN REMAJA (STUDI KASUS: 5 KONSUMEN REMAJA DI 3 THRIFT SHOP KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena thrifting yang terjadi pada kalangan remaja di Kecamatan Sumber. Selanjutnya untuk mendeskripsikan apa saja penyebab remaja berburu pakaian bekas impor dengan brand terkenal. Terakhir adalah untuk mengetahui bagaimana konsumsi tanda pada pakaian bekas impor dapat menjadi gaya hidup berpakaian di kalangan remaja di Kecamatan Sumber. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di tiga thrift shop yang berada di Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon yaitu OB Second, Skalelagge, dan Graha Second. Penelitian dilaksanakan bulan September 2023 hingga bulan Desember 2023. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang informan kunci, yaitu remaja pegiat thrifting. Selain itu juga terdapat informan pendukung yaitu 3 pemilik thrift shop. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi di lokasi penelitian, wawancara mendalam terhadap informan, dan dokumentasi. Data temuan penelitian kemudian dianalisis menggunakan perspektif teori Masyarakat Konsumsi Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukan bahwa fenomena thrifting di kalangan remaja di Kecamatan tidak terjadi secara kebetulan, bahwasannya ada pengaruh dari tren media sosial mengenai aktivitas thrifting yang dilakukan oleh influencer. Thrifting tidak hanya dijadikan sebagai alternatif pemenuhan pakaian yang lebih ekonomis namun juga sebagai alternatif konsumsi merek terkenal. Hal tersebut menunjukan bahwasannya konsumsi yang dilakukan oleh masyarakat modern saat ini mengalami pergeseran nilai, tidak lagi berdasarkan pada nilai guna atau nilai tukar namun bergeser pada nilai tanda atau nilai simbol. ***** This study aims to describe the phenomenon of thrifting among teenagers in Sumber Sub-district. Furthermore, to describe what causes teenagers to hunt for imported second-hand clothes with famous brands. The last is to find out how the consumption of signs on imported second-hand clothes can become a fashion lifestyle among teenagers in Sumber Sub-district.This research uses qualitative research methods with a case study approach. This research was conducted in three thrift shops located in Sumber District, Cirebon Regency, namely OB Second, Skalelagge, and Graha Second. This research was conducted from September 2023 to November 2023. The research subjects consisted of 5 key informants, namely teenage thrifting activists. In addition, there are supporting informants, namely 3 thrift shop owners. Data collection was carried out by observation at the research location, in-depth interviews with informants, and documentation. The research findings were analyzed using Jean Baudrillard's Consumption Society theory.The results show that the phenomenon of thrifting among teenagers in the sub-district does not happen by chance, that there is an influence from social media trends regarding thrifting activities carried out by influencers. Thrifting is not only used as an alternative to fulfill more economical clothing but also as an alternative to consumption of famous brands. This shows that the consumption carried out by modern society is currently experiencing a shift in value, no longer based on use value or exchange value but shifts to sign value or symbol value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum. ; 2). Meila Riskia Fitri, S.Pd., MA
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 23980 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:18
Last Modified: 31 Jul 2024 03:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47537

Actions (login required)

View Item View Item