HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMAN 100 JAKARTA

NABILA SAKINAH, . (2024) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMAN 100 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II Kajian Pustaka.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB III Metodologi Penelitian.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan Implikasi dan Saran.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting bagi siswa yaitu mendorong siswa untuk menimbulkan keinginan belajar yang menjamin kelangsungan kegiatan belajar serta memberi arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai. Siswa yang memiliki motivasi akan mengerahkan seluruh energi dan waktu dalam dirinya untuk menerapkan strategi belajar yang tepat yaitu self-regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan motivasi belajar siswa kelas XI pada pembelajaran kimia di SMAN 100 Jakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2024 dengan 104 orang siswa-siswi kelas XI Fase F 1, 2, 3 Peminatan Kimia sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah kuisioner dengan teknik korelasional. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data normal dan linear. Presentase skor motivasi belajar sebesar 78% dan self-regulated learning sebesar 83%, keduanya tergolong kategori baik. Hasil uji hipotesis korelasi Product Moment Pearson diperoleh nilai signifikansi < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,765 menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan. Jika diinterpretasikan, termasuk hubungan yang kuat sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar maka self-regulated learning juga semakin tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-regulated learning dengan motivasi belajar siswa kelas XI pada pembelajaran kimia di SMAN 100 Jakarta. ***** Learning motivation is one of the important factors for students, namely encouraging students to develop desire to learn which ensures the continuity of learning activities and provides direction to learning activities so that learning goals can be achieved. Students who have motivation will exert all their energy and time to implement the right learning strategy, namely self-regulated learning. This research aims to determine the relationship between self-regulated learning and learning motivation of class XI students’ in chemistry learning at SMAN 100 Jakarta. This research was conducted in July 2024 with 104 students’ in class XI Phase F 1, 2, 3 Chemistry Specialization as the research sample. The method used is the questionnaire method with correlational techniques. The analysis prerequisite tests show that the data is normal and linear. The percentage score for learning motivation was 78% and self-regulated learning was 83%, both of them are in the good category. The results of the Pearson Product Moment correlation hypothesis test obtained a significance value of < 0.05 with a correlation coefficient of 0.765 indicating that there is a significant positive relationship. If interpreted, it includes a strong relationship so it can be concluded that the higher the learning motivation, the higher the self-regulated learning. The conclusion of this research shows that there is a significant positive relationship between self-regulated learning and learning motivation of class XI students’ in chemistry learning at SMAN 100 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. ; 2). Yussi Pratiwi, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 24252 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 23:36
Last Modified: 01 Aug 2024 23:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47595

Actions (login required)

View Item View Item