HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS 4 KECAMATAN CITEUREUP

LISA NABILAH AZ-ZAHRA, . (2024) HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS 4 KECAMATAN CITEUREUP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dan minat belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus 4 Kecamatan Citeureup. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling dimana total 15 populasi sekolah dibagi menjadi kelompok atau kluster berdasarkan lokasi, lalu dari setiap kelompok akan dipilih secara acak sekolah yang akan dijadikan sampel penelitian. Sampel akhir terdiri dari 5 sekolah dan 230 siswa kelas V Sekolah dasar di gugus 4 Kecamatan Citeureup. Pengumpulan data digunakan dengan penyebaran angket untuk masing-masing variabel, terdiri dari 25 butir pernyataan untuk variabel kecerdasan interpersonal dan 19 butir pernyataan untuk variabel minat belajar. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis product-moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan interpersonal siswa berada pada tingkat baik dengan rata-rata skor bernilai 74. (2) Minat belajar siswa berada pada tingkat baik dengan rata-rata skor sebesar 54,6. (3) Ditemukan hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan tingkat korelasi sedang. (4) Minat belajar dapat dijelaskan sebesar 22,5% oleh kecerdasan interpersonal sedangkan 77,5% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan minat belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V sekolah dasar di gugus 4 Kecamatan Citeureup. Saran dari penelitian ini adalah untuk mencari lebih lanjut mengenai 77,5% faktor yang dapat menjelaskan minat belajar pada siswa. ***** The aim of this research is to determine the relationship between interpersonal intelligence and interest in learning in class V elementary school students in cluster 4 of Citeureup District. The type of research carried out in this study is correlation research with a quantitative approach. The sampling technique used is a cluster sampling technique where a total of 15 school populations are divided into groups or clusters based on location, then from each group a school will be randomly selected to be used as the research sample. The final sample consisted of 5 schools and 230 grade V elementary school students in cluster 4 of Citeureup District. Data collection was used by distributing questionnaires for each variable, consisting of 25 statement items for the interpersonal intelligence variable and 19 statement items for the learning interest variable. The collected data was analyzed using the Pearson product-moment analysis technique. The research results show that: (1) Students' interpersonal intelligence is at a good level with an average score of 74. (2) Students' interest in learning is at a good level with an average score of 54.6. (3) A positive and significant relationship was found between interpersonal intelligence and students' interest in learning in social studies subjects with a moderate correlation level. (4) Interest in learning can be explained by 22.5% by interpersonal intelligence while the remaining 77.5% is explained by other factors. The results of this research show that there is a relationship between interpersonal intelligence and interest in learning in social studies subjects for fifth grade elementary school students in cluster 4 of Citeureup District. The suggestion from this research is to find out more about the 77.5% of factors that can explain students' interest in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Indah Wardatussa'idah, M.Pd.; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23094 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 00:18
Last Modified: 02 Aug 2024 00:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47664

Actions (login required)

View Item View Item