Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Muatan IPA Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Di Kelas IV SDN Gondangdia 01 Pagi Jakarta Pusat

ANNISAH APRILIAH, . (2024) Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Muatan IPA Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Di Kelas IV SDN Gondangdia 01 Pagi Jakarta Pusat. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover - Daftar isi.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (366kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MUATAN IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN GONDANGDIA 01 PAGI JAKARTA PUSAT (2024) Annisah Apriliah ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam aspek kognitif. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran eksperimen di kelas IV SDN Gondangdia 01 Pagi Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 29 siswa pada semester pertama tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukan presentase sebesar 27,58% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena ketuntasan belajarnya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 70. Pada siklus II presentase nilai hasil belajar siswa mencapai 82,75% . Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 75% meningkat pada siklus II yaitu 100%. Instrumen pemantauan tindakan siswa pada siklus I yaitu 70% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 100%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran eksperimen dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dengan metode pembelajaran eksperimen siswa dapat terlibat aktif secara langsung merancang, mempersiapkan, mekaksanakan, membuktikan, melaporkan, dan menarik kesimpulan dari berbagai fakta dan informasi yang didapat ketika siswa melakukan eksperimen tersebut secara kelompok atau individu dan di bimbing langsung oleh guru. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Metode Pembelajaran Eksperimen IMPROVING LEARNING OUTCOMES IN SCIENCE CONTENT THROUGH EXPERIMENTAL LEARNING METHODS IN CLASS IV SDN GONDANGDIA 01 PAGI JAKARTA PUSAT (2024) Annisah Apriliah ABSTRACT This Classroom Action Research aims to improve science learning outcomes in the cognitive aspect. This research was conducted to obtain empirical data about science learning outcomes through experimental learning methods in class IV of SDN Gondangdia 01 Pagi, Central Jakarta. The subjects of this research were 29 class IV students in the first semester of the 2023/2024 academic year. The research was carried out using the cycle model from Kemmis and Mc. Tagart. Classroom action research is carried out through the stages of planning, implementation, observation and reflection as a basis for re-planning in the next cycle. In cycle I, student learning outcomes showed a percentage of 27.58% so they had not been declared complete in learning because their learning completeness was still below the Minimum Completeness Criteria (KKM), namely 70. In cycle II, the percentage of student learning outcomes reached 82.75%. The instrument for monitoring teacher actions in cycle I was 75%, increasing in cycle II, namely 100%. The instrument for monitoring student actions in cycle I, namely 70%, experienced an increase in cycle II, namely 100%. The implication of this research is that the experimental learning method can be used as a learning method in improving science learning outcomes for fourth grade elementary school students. With the experimental learning method, students can be actively involved in directly designing, preparing, implementing, proving, reporting and drawing conclusions from various facts and information obtained when students carry out experiments in groups or individually and are guided directly by the teacher. Keywords : Science Learning Outcomes, Experimental Learning Methods

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. 2). Yustia Suntari, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 22902 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:51
Last Modified: 01 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47718

Actions (login required)

View Item View Item