PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 67 JAKARTA

ERISSA FITRIANINGTYAS, . (2024) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 67 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ERISSA FITRIANINGTYAS, Pengaruh Adversity Quotient Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 67 Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2024. Studi ini bertujuan untuk menentukan sejauh mana adversity quotient dan motivasi belajar mempengaruhi kemampuan mereka untuk mengatur kemandirian belajar dalam program ekonomi Jakarta kelas sebelas. Metodologi penelitian ini berdasarkan penelitian kuantitatif. Teknik sampling menggunakan sampling acak sederhana dengan memilih kelas XI di SMAN 67 Jakarta sebagai sampel perwakilan, dengan 167 siswa dari 287 siswa. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dalam bentuk daftar pernyataan tertutup melalui Google form link, dan analisis data. Menggunakan analisis jalan dengan statistik IBM 25. Hasil penelitian ini menunjukkan hal yang positif dan signifikan pengaruh antara adversity quotient terhadap kemandirian belajar sebagaimana dibuktikan oleh t-count ≥ t-table (4,193 > 1,994). Kedua, ada dampak positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar sebagaimana dibuktikan oleh t-count ≥ t-table (14.013 > 1.994), dan ketiga, ada dampak positif dan signifikan antara adversity quotient terhadap kemandirian belajar seperti yang dibuktikan oleh t-count ≥ t-table (20,988 > 1.994). Oleh karena itu, berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara adversity quotient dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya untuk menambahkan beberapa variabel yang dapat meningkatkan kemandirian belajar serta menggunakan indikator lain agar lebih menyesuaikan dengan keadaan di lapangan, mengambil populasi berbeda serta memiliki jangkauan yang luas. Kata Kunci: Adversity Quitient, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar ******** The study aims to determine the extent of the adversity quotient and the learning motivation for students’ learning, affecting their ability to self-regulate their learning in the eleventh-grade SMAN 67 Jakarta economics program. The methodology of this study is based on quantitative research. The sampling technique uses simple random sampling by selecting class XI MIPA and class XI IPS at SMAN 67 Jakarta as representative samples, with 167 students out of 287 students. The data collection technique is a questionnaire in the form of a closed list of statements via a Google form link, and data analysis used path analysis with IBM Statistics 25. This study's results indicate a positive and significant influence effect between the adversity quotient and Self-Regulated Learning as evidenced by the t-count ≥ t-table (4.193 > 1.994). Second, there is a positive and significant effect between learning motivation on self-regulated learning as evidenced by the t-count ≥ t-table (14.013 > 1.994), and third, there is a positive and significant effect between adversity quotient on learning motivation as evidenced by the tcount ≥ - t-table (20.988> 1,994). Therefore, based on the analysis above, it can be concluded that there is a positive and significant influence between Adversity Quotient and Learning Motivation on Self-Regulated Learning. One’s learning: there is a positive and significant influence

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Siti Nurjanah, SE.,M.Si. ; 2). Aditya Pratama. S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 24163 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:52
Last Modified: 01 Aug 2024 04:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47751

Actions (login required)

View Item View Item