PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS GUIDED INQUIRY-SCAFFOLDING PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS

Nabila Huriyatul Jannah, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS GUIDED INQUIRY-SCAFFOLDING PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

NABILA HURIYATUL JANNAH. Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Guided Inquiry-Scaffolding Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Juli. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul digital interaktif berbasis Guided Inquiry-Scaffolding untuk materi kinematika gerak lurus SMA. Modul ini dirancang untuk menjadi bahan ajar yang menarik, terintegrasi dengan teknologi, dan menggunakan metode pembelajaran yang mengeksplorasi penalaran siswa serta beradaptasi dengan kemampuan mereka (pembelajaran berdiferensiasi). Analisis kebutuhan melalui angket dan wawancara menunjukkan bahwa guru dan siswa SMA menginginkan bahan ajar yang menarik, terintegrasi dengan teknologi, dan menggunakan metode pembelajaran yang mengeksplorasi penalaran siswa serta beradaptasi dengan kemampuan mereka (pembelajaran berdiferensiasi). Hasil kuisioner juga menunjukkan bahwa 95% responden menginginkan materi kinematika dikemas dalam bentuk modul.Pengembangan modul ini melibatkan uji kelayakan, yang meliputi uji kelayakan materi, model pembelajaran, dan media. Uji kelayakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa modul tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Modul ini kemudian diujicoba pada siswa kelas XI SMA yang mempelajari materi kinematika gerak lurus. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul ini sangat layak digunakan. Uji kelayakan materi memperoleh nilai 93%, uji kelayakan model pembelajaran memperoleh nilai 93%, dan uji kelayakan media memperoleh nilai 90%. Uji coba oleh siswa juga menghasilkan nilai 84,3%, yang menunjukkan bahwa modul ini sangat layak digunakan. Kelebihan modul ini meliputi 1)Inovatif, 2)Mudah digunakan, 3)Mampu merekap data nilai siswa, 4)Menyajikan materi yang relevan dan terstruktur dengan baik, 5)Dilengkapi dengan scaffolding untuk membantu siswa belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka modul ini layak digunakan. Kata Kunci: Modul Scaffolding, Pembelajaran Guided Inquiry, Kinematika, Gerak Lurus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Prof. Dr. I Made Astra M.Si Haris Suhendar, S.Si, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nabila Huriyatul Jannah .
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:59
Last Modified: 05 Aug 2024 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47776

Actions (login required)

View Item View Item