PENGARUH LITERASI DIGITAL SISWA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMA NEGERI JAKARTA SELATAN

EZTRO GOUTAMA, . (2024) PENGARUH LITERASI DIGITAL SISWA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMA NEGERI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital siswa dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa pada mata Pelajaran ekonomi melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening di SMA Negeri Jakarta Selatan. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengambilan data menggunakan kuisioner. Jumlah populasi yaitu 180 siswa dari sampel yang digunakan anak kelas XI ekonomi. Penelitian ini menggunakan analisis data SEM-PLS dengan software SmartPLS. Hasil analisis penelitian ini terdapat pengaruh langsung variabel literasi digital siswa terhadap kemandirian belajar, terdapat pengaruh langsung variabel efikasi diri terhadap kemandirian belajar, terdapat pengaruh langsung variabel motivasi belajar terhadap kemandirian belajar, terdapat pengaruh langsung variabel literasi digital terhadap motivasi belajar, tedapat pengaruh langsung variabel efikasi diri terhadap motivasi belajar, terdapat pengaruh tidak langsung variabel literasi digital terhadap kemandirian belajar melalui motivasi belajar, dan terdapat pengaruh tidak langsung variabel efikasi diri terhadap kemandirian belajar melalui motivasi belajar. ***** This study aims to determine the effect of student digital literacy and self-efficacy on student learning independence in economic subjects through learning motivation as an intervening variable in South Jakarta State High School. This study is to determine the direct and indirect effects. Research using quantitative methods with data collection methods using questionnaires. The total population is 180 students from the sample used in class XI economics. This study uses SEM-PLS data analysis with SmartPLS software. The results of this research analysis are that there is a direct influence of student digital literacy variables on learning independence, there is a direct influence of self-efficacy variables on learning independence, there is a direct influence of learning motivation variables on learning independence, there is a direct influence of digital literacy variables on learning motivation, there is a direct influence of self-efficacy variables on learning motivation, there is an indirect influence of digital literacy variables on learning independence through learning motivation, and there is an indirect influence of self-efficacy variables on learning independence through learning motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Siti Nurjanah, S.E.,M.Si. ; 2). Aditya Pratama, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 24188 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 23:22
Last Modified: 01 Aug 2024 23:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47872

Actions (login required)

View Item View Item