TANGGUNG JAWAB ORANGTUA TERHADAP PENERAPAN NILAI NILAI KETUHANAN DALAM BERTOLERANSI PADA PESERTA DIDIK (STUDI KUALITATIF PADA KELAS VIII SMPN 36 JAKARTA)

NUR RINI TRI DESVANIA, . (2024) TANGGUNG JAWAB ORANGTUA TERHADAP PENERAPAN NILAI NILAI KETUHANAN DALAM BERTOLERANSI PADA PESERTA DIDIK (STUDI KUALITATIF PADA KELAS VIII SMPN 36 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab orangtua terhadap penerapan nilai-nilai ketuhanan dalam bertoleransi kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari 24 informan orangtua dan 3 key informan guru Pendidikan Agama di SMPN 36 Jakarta. Sumber data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi, Expert Opinion, serta kecukupan referensial. Temuan penelitian ini menunjukan terdapat tanggung jawab orangtua dalam penerapan nilai-nilai ketuhanan pada peserta didik yaitu: 1) Orangtua memahami pentingnya untuk menghormati dan bertoleransi terhadap pemeluk agama lain yang didukung dengan aspek lainnya seperti religius sebagai dasar moral dan etika yang kuat, terlibat aktif dalam kegiatan keagamaan seperti pengajian dan seminar di gereja untuk memperdalam pemahaman agama, serta menjadikannya fondasi hidup. 2) Orangtua bertanggung jawab dalam mengajarkan toleransi kepada peserta didik, membentuk keteguhan religius peserta didik melalui praktik ibadah rutin, seperti berdoa dan membaca kitab suci, serta menjadikannya contoh nyata atau teladan. 3) Di sekolah, menekankan pentingnya menghormati dan bertoleransi antarumat beragama, didukung dengan penerapan nilai-nilai ketuhanan mencakup praktik ibadah dalam program sekolah dan kegiatan sehari-hari, seperti shalat, ngaji, dan membaca Alkitab. Kesimpulan dari penelitian ini adalah orangtua didukung sekolah memainkan tanggung jawabnya dalam membentuk karakter dan perilaku peserta didik yang toleran, religius, memiliki keyakinan kuat, dan beretika berdasarkan nilai-nilai ketuhanan. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Orangtua, Nilai-Nilai Ketuhanan, Toleransi, Peserta Didik. ***** The purpose of this research is to understand how parents are responsible for instilling divine values in promoting tolerance among students. This study employs a descriptive method with qualitative. Primary data sources were obtained from 24 parent informants and 3 key informant religious education teachers at SMPN 36 Jakarta. Secondary data sources were collected through literature review. The data analysis techniques used include data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Data validity techniques involve triangulation, Expert Opinion, and referential adequacy. The findings of this study indicate that parents have responsibilities in implementing divine values among students, which include: 1) Parents understand the importance of respecting and tolerating followers of other religions, supported by aspects such as religiosity, strong moral and ethical foundation, active participation in religious activities such as recitations and church seminars to deepen religious understanding, and making it a life foundation. 2) Parents are responsible for teaching tolerance to students, shaping the religious steadfastness of students through routine worship practices, such as praying and reading holy scriptures, and serving as real-life examples or role models. 3) In school, emphasizing the importance of respecting and tolerating interfaith relationships, supported by the implementation of divine values encompassing worship practices in school programs and daily activities, such as prayers, recitations, and reading the Bible. The conclusion of this research is that parents, supported by the school, play their role in shaping the character and behavior of students to be tolerant, religious, have strong beliefs, and ethical based on divine values. Keywords: Responsibility, Parents, Divine Values, Tolerance, Students.*

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Tjipto Sumadi, M.Si.,M.Pd. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 24462 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:45
Last Modified: 02 Aug 2024 01:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47883

Actions (login required)

View Item View Item