PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF PADA KELAS VII SMPN 97 JAKARTA)

STEFANI, . (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF PADA KELAS VII SMPN 97 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
JUDUL & DAFTAR ISI.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Lampiran, Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan metode outdoor learning terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila studi kuantitatif pada kelas VII SMPN 97 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pre-eksperiment dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dengan teknik purposive sampling, yakni pengambilan sampel dilakukan dengan tujuan tertentu. Penelitian ini berlokasi di SMPN 97 Jakarta dengan populasi VII sebanyak 324 peserta didik. Sampel pada penelitian sebanyak 34 peserta didik pada kelas VII-I. Sesuai dengan desain penelitian yang dipilih, peneliti hanya menggunakan satu kelas yang akan dijadikan sebagai kelas penelitian. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila pada kelas VII SMPN 97 Jakarta dalam materi BAB V Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal. Dibuktikan dari uji hipotesis melalui uji Paired Sample T-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005 yang artinya Ha diterima, dilanjutkan uji N-Gain masuk ke tingkat efektivitas yang bersifat tidak efektif terlihat dari rata-rata N-Gain score dan N-Gain persen yakni 39%, sedangkan dalam uji koefisien determinan hasil nilai R Square yang didapat sebesar 78,1% yang artinya variabel metode outdoor learing bersifat pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila pada kelas VII SMPN 97 Jakarta. Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh yang signifikan pada metode outdoor learning terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan melalui uji hipotesis serta besaran nilai yang didapat pada uji koefisien determinan yang menghitung pengaruh variabel secara bersamaan ***** This study aims to investigate the effect of outdoor learning method on the learning outcomes of Civic Education in Grade VII of SMPN 97 Jakarta. The research method used is a pre-experimental method with a quantitative approach and one group pretest-posttest design. The sampling technique used is purposive sampling, which means that the sample is taken with a specific purpose. This research was conducted at SMPN 97 Jakarta with a population of 324 students in Grade VII. The sample of this research is 34 students in class VII-I. In accordance with the chosen research design, the researcher used one class as the research class. Based on the results of the study, there is a positive and significant effect of using outdoor learning methods on the learning outcomes of Pancasila Education in class VII SMPN 97 Jakarta in Chapter V material Respecting the Environment and Local Culture. Proven from hypothesis testing through the Paired Sample T-test test with a significance value (2-tailed) of 0.000 <0.005 which means Ha is accepted, followed by the N-Gain test entering the level of effectiveness which is not effective as seen from the average N-Gain score and N-Gain percent of 39%, while in the coefficient of determination test the results of the R Square value obtained are 78.1% which means that the outdoor learing method variable has a strong influence on the learning outcomes of Pancasila Education in class VII SMPN 97 Jakarta. The conclusion of this study is that there is a significant influence on outdoor learning methods on student learning outcomes. This is proven by testing the hypothesis and the amount of value obtained in the determinant coefficient test which calculates the influence of variables simultaneously.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. ; 2). Dr. Raharjo., M.Si.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Stefani .
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:50
Last Modified: 02 Aug 2024 03:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47905

Actions (login required)

View Item View Item