PENGEMBANGAN BUKU CERITA FABEL BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA "GOTONG ROYONG" UNTUK ELEMEN BAHASA INDONESIA DI FASE A KELAS II SEKOLAH DASAR

DHEA AMANDA, . (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA FABEL BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA "GOTONG ROYONG" UNTUK ELEMEN BAHASA INDONESIA DI FASE A KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODELOGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Buku Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila “Gotong Royong” untuk Fase A Kelas II Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan buku cerita fabel ini menggunakan model Rowntree. Model ini terdiri dari tiga tahapan utama yaitu (1) Tahapan Perencanaan (2) Tahapan Persiapan Penulisan (3) Tahapan Penulisan dan Penyuntingan. Teknik evaluasi data yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode evaluasi formatif dengan melibatikan ahli (expert review) dan pengguna (face-to-face tryouts). Evaluasi ini melibatkan 1 ahli materi, 1 ahli desain pembelajaran, dan 1 ahli media serta 5 pengguna. Hasil uji coba ahli menyatakan bahwa hasil produk pengembangan sudah layak untuk digunakan karena standar kelayakan sudah terpenuhi. Hasil uji coba pengguna menyatakan bahwa produk pengembangan ini cukup membantu meyampaikan materi cerita fabel dan dapat memudahkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Selain itu, pengembangan ini juga mencakup tiga buku cerita fabel yang dirancang untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. ***** This development research aims to produce a 'Gotong Royong' Pancasila Student Profile-Focused Fable Storybook for Grade II of Elementary School. This fable storybook development research uses the Rowntree model. The model consists of three main stages: (1) Planning Stage (2) Preparation Stage (3) Writing and Editing Stage. The data evaluation technique used in this development research is formative evaluation, involving experts (expert review) and users (face-to-face tryouts). This evaluation includes 1 content expert, 1 instructional design expert, and 1 media expert, as well as 5 users. The expert trial results indicate that the developed product is suitable for use as it meets the required standards. The user trial results show that the developed product effectively helps deliver the fable story material and facilitates Indonesian language learning in the classroom. Additionally, this development includes three fable storybooks designed to support effective and enjoyable learning for students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). DR. RA Murti Kusuma, W.S.IP, M.Si; 2). Kunto Imbar Nursetyo, S.Pd, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 23392 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 22:42
Last Modified: 05 Aug 2024 22:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47906

Actions (login required)

View Item View Item