PENGARUH PEMBELAJARAN MICROTEACHING DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

CHINTYA ADINDA PUTRI, . (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MICROTEACHING DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan mengajar merupakan salah satu modal utama yang harus dimiliki mahasiswa jurusan kependidikan sebelum terjun ke dunia mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Microteaching dan Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Mengajar Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Jakarta sebanyak 173 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling menggunakan rumus Slovin dengan margin of error sebesar 5% sehingga sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 121 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Selanjutnya untuk teknik analisis data yang peneliti gunakan pada penelitian ini terdiri dari analisis outer model, analisis inner model, dan pengujian hipotesis pengaruh langsung. Hasil dari perhitungan X1 terhadap Y menunjukkan bahwa skor original sample sebesar 0.325 dan t-statistic sebesar 2.704 > 1.96 serta nilai p-value sebesar 0.007 < 0.05; kemudian untuk X2 terhadap Y diperoleh skor original sample sebesar 0.383 dan t-statistic sebesar 3.749 > 1.96 serta nilai p-value sebesar 0.000 < 0.05. Adapun hasil perhitungan F2 dari variabel X1 terhadap Y diperoleh skor F2 sebesar 0.144 dan untuk variabel X2 terhadap Y diperoleh skor F2 sebesar 0.200. Sehingga dapat diambil kesimpulan pada penelitian ini, bahwa Pembelajaran Microteaching dan Minat Menjadi Guru secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kesiapan Mengajar mahasiswa. Dampak dari hal tersebut adalah mahasiswa akan mendapatkan peningkatan pedagogik, kepercayaan diri, dan motivasi pada kesiapan mengajar untuk menjalankan tugas sebagai pendidik nantinya. Kata Kunci: Pembelajaran Microteaching, Minat Menjadi Guru, Kesiapan Mengajar Mahasiswa. ***** Teaching readiness is one of the main assets that students majoring in education must have before entering the world of teaching. The purpose of this research is to determine the effect of microteaching learning and interest in becoming a teacher on teaching readiness of students in Office Administration Education Study Program at State University of Jakarta. The research method that researchers used in this research was a survey method with a quantitative approach. The population in this study were all active students of the Office Administration Education Study Program, State University of Jakarta, totaling 173 students. The sampling technique used proportionate stratified random sampling using the Slovin formula with a margin of error of 5% so that the sample in this study was 121 students. The data analysis technique used in this research uses SmartPLS software version 4.0. Furthermore, the data analysis techniques that researchers used in this research consisted of outer model analysis, inner model analysis, and direct influence hypothesis testing. The results of calculating X1 against Y show that the original sample score is 0.325 and the t-statistic is 2.704 > 1.96 and the p-value is 0.007 < 0.05; then for X2 against Y, the original sample score was 0.383 and the t-statistic was 3,749 > 1.96 and the p-value was 0.000 < 0.05. The results of calculating F2 from variable X1 to Y obtained an F2 score of 0.144 and for variable X2 to Y obtained an F2 score of 0.200. So it can be concluded from this research that Microteaching Learning and Interest in Becoming a Teacher simultaneously have a positive and significant effect on students' Teaching Readiness. The impact of this is that students will gain increased pedagogy, self-confidence and motivation in their teaching readiness to carry out their duties as educators later. Keywords: Microteaching Learning, Interest in Becoming a Teacher, Students’ Teaching Readiness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Henry Eryanto, M.M. ; 2). Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 24598 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:59
Last Modified: 05 Aug 2024 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48081

Actions (login required)

View Item View Item