PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKN 31 JAKARTA

LU'LU' HAFSARI, . (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKN 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 31 Jakarta. Sub fokus penelitian ini adalah perencanaan kepala sekolah, pengorganisasian kepala sekolah, pengimplementasian kepala sekolah, dan pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 31 Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, tampilan data dan verifikasi data. Informan penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru, dan Kepala Tata Usaha. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah melakukan perencanaan dengan melibatkan tim manajemen sekolah untuk membuat visi dan misi sekolah serta penyusunan program. Dalam pengorganisasaian, kepala sekolah berhasil meningkatkan mutu pendidikan dengan pengelolaan sumber daya manusia yang efektif, struktur organisasi yang jelas, dan kolaborasi yang kuat, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efisien. Pada pengimplementasian kepala sekolah menerapkan pendekatan yang komprehensif, responsif, dan berorientasi pada hasil, sehingga mampu membawa dampak yang signifikan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif dan meningkatkan prestasi akademik serta non-akademik siswa. Kepala sekolah berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang dinamis dan berkualitas tinggi melalui pengawasan intensif, evaluasi komprehensif, pembinaan staf, dan penerapan teknologi untuk pengawasan, yang semuanya merupakan faktor kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. ***** This study aims to identify and describe the role of the principal as a manager in improving the quality of education at SMK Negeri 31 Jakarta. The sub-focuses of this research are the principal's planning, organizing, implementing, and supervising in enhancing the quality of education at SMK Negeri 31 Jakarta. The study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation study. Data analysis was conducted through data reduction, data display, and data verification stages. Research informants consist of the Principal, Vice Principal for Curriculum Affairs, Vice Principal for Student Affairs, Teachers, and Head of Administration. The results show that the principal engages in planning by involving the school management team to formulate the school's vision and mission and to design programs. In organizing, the principal has successfully improved the quality of education through effective human resource management, clear organizational structure, and strong collaboration, creating an inclusive and efficient learning environment. In implementation, the principal applies a comprehensive, responsive, and results-oriented approach, significantly impacting the creation of an inspirational learning environment and enhancing students' academic and non-academic achievements. The principal has created a dynamic and high-quality educational environment through intensive supervision, comprehensive evaluation, staff development, and the application of technology for monitoring, all of which are key factors in improving the quality of education at the school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd; 2). Dr. Sugiarto, M.A
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 22727 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:12
Last Modified: 05 Aug 2024 00:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48169

Actions (login required)

View Item View Item