IMPLEMENTASI METODE NURUL BAYAN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA MURID BIMBA KIDS JONGGOL

CAHYA SAHFITRI, . (2020) IMPLEMENTASI METODE NURUL BAYAN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA MURID BIMBA KIDS JONGGOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (275kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (506kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (238kB)
[img] Text
original.pdf

Download (232kB)
[img] Text
perstujuan publikas.pdf

Download (361kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (259kB)
[img] Text
daftar isi (2).pdf

Download (335kB)
[img] Text
bab i (2).pdf

Download (365kB)
[img] Text
bab ii (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
bab iii (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
bab iv (2).pdf

Download (280kB)
[img] Text
daftar putsa.pdf

Download (256kB)
[img] Text
lampiran (2).pdf

Download (630kB)
[img] Text
riwayat.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an yang menggunakan moetode Nurul Bayan di Bimba Kids Jonggol sebagai studi kasus. Teori yang digunakan adalah teori pembelajaran oleh Kimble dan Garmezy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertama, Konsep pembelajaran membaca al-Qur’an di Bimba Kids adalah dengan mengeja (tahajji) huruf sekaligus menyebutkan hukum tajwid mad, buku yang menjadi panduan adalah iqra Fathurrahman. Pembelajaran meliputi pemahaman dan pengusaan makhraj dan sifatul huruf, pemahaman dan penguasaan mad. Adapun kegiatan lainnya seperti penulisan huruf hijaiyah dan hafalan do’a harian. Kedua, prinsip yang diterapkan oleh guru bahwasanya peserta didik harus memahami serta menguasai metode Nurul Bayan agar mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Ketiga, proses evaluasi pembelajaran makhraj dan sifatul huruf meliputi tahap tes formatif, tes kefashihan dan tes tartil. Keempat, faktor pendukung terdiri atas keinginan peserta didik, dukungan dari orang tua, pendidik (kemampuan pengajar), faktor lingkungan. Kelima, faktor penghambat terdiri ataskualitas pengetahuan orang tua dan keterbatasan waktu. Kata Kunci: Metode Nurul Bayan , Pembelajaran Al-Qur’an, Tahajji

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. KHAIRIL IKHSAN SIREGAR, MA ; 2. AHMAD HAKAM, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1651 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2020 14:22
Last Modified: 12 Mar 2020 14:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4825

Actions (login required)

View Item View Item