PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (STUDI PADA PESERTA DIDIK KELAS 8 DI SMP NEGERI 16 JAKARTA)

ANNISA PUTRI ILHAMI, . (2024) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (STUDI PADA PESERTA DIDIK KELAS 8 DI SMP NEGERI 16 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover .pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar pada peserta didik kelas 8 di SMP Negeri 16 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuntitatif dan teknik pengmbilan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas 8 di SMP Negeri 16 Jakarta yang menjadi sampel sebanyak 158 orang. Pada penelitian ini diketahui model regresi linear sederhana yakni Y = a + bx dimana Y = (4,104 + 1,088X) yang dapat diartikan, apabila terjadi peningkatan 1% pada variabel X maka akan mempengaruhi kenaikan variabel Y sebesar 1,088. Selanjutnya diketahui hasil uji hipotesis uji t dengan melihat nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar Sehingga hipotesis pada penelitian ini adalah Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar pada peserta didik kelas 8 di SMP Negeri 16. Pada uji koefisien determinasi menunjukan bahwa terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas 8 SMP Negeri 16 Jakarta sebesar 65,2%. ***** This research aims to determine the influence of the learning environment on learning motivation in grade 8 students at SMP Negeri 16 Jakarta. The research method used is a quantitative method and data collection techniques using questionnaires. This research was conducted on grade 8 students at SMP Negeri 16 Jakarta, a sample of 158 people. In this research, it is known that the simple linear regression model is Y = a + bx where Y = (4.104 + 1.088X) which can be interpreted, if there is a 1% increase in variable X it will affect the increase in variable Y by 1.088. Next, it is known that the results of the t-test hypothesis test by looking at the significance value are 0.00 < 0.05, which means that there is an influence of the learning environment on learning motivation. So the hypothesis in this study is that Ha is accepted and H0 is rejected, which means that there is a significant influence between the learning environment. on the learning motivation of grade 8 students at SMP Negeri 16. The coefficient of determination test shows that there is an influence of the learning environment on the learning motivation of grade 8 students at SMP Negeri 16 Jakarta, amounting to 65.2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si ; 2). Dr. Dian Alfia Purwandari,S.E,M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 23469 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:04
Last Modified: 06 Aug 2024 01:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48275

Actions (login required)

View Item View Item