PERBEDAAN KUALITAS KOMUNIKASI REMAJA DENGAN IBU BEKERJA DAN IBU TIDAK BEKERJA (Studi Pada Siswa Kelas VIII dan IX MTs Darul Hikmah 1 Cibening)

Asep Sunarya, . (2016) PERBEDAAN KUALITAS KOMUNIKASI REMAJA DENGAN IBU BEKERJA DAN IBU TIDAK BEKERJA (Studi Pada Siswa Kelas VIII dan IX MTs Darul Hikmah 1 Cibening). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (213kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf

Download (604kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf

Download (655kB)
[img] Text
6. Bab 5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf

Download (9MB)
[img] Text
9. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (214kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (342kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas komunikasi remaja antara ibu bekerja dan ibu tidak bekerja.Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs Darul Hikmah 1 Cibening dari bulan Agustus sampai dengan bulan november 2015. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX MTs Darul Hikmah 1 Cibening berjumlah 144 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 144 siswa yang terdiri dari 75 siswa yang memiliki ibu bekerja dan 69 siswa yang memiliki ibu tidak bekerja. Data kualitas komunikasi remaja yang memiliki ibu bekerja dan tidak bekerja diperoleh menggunakan instrumen berbentuk skala likert. Pengujian normalitas menunjukkan distribusi data kualitas komunikasi remaja yang memiliki ibu bekerja dan ibu tidak bekerja berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukan data berdistribusi homogen. Pengujian Hipotesis statistik didapatkan Fhitung = 118,68 kemudian dibandingkan dengan Ftabel = 121,42 dengan taraf kesalahan 0,05 maka Fhitung < Ftabel ( 118,68 <121,42). Hasil perhitungan tersebut dapat memberikan kesimpulan dari penelitian bahwa terdapat perbedaan kualitas komunikasi remaja dengan ibu bekerja dan ibu tidak bekerja. Berdasarkan data kualitas komuikasi remaja, menunjukan bahwa komunikasi remaja dengan ibu tidak bekerja lebih baik daripada remaja dengan ibu bekerja. Hal ini terjadi karena ibu bekerja memiliki masalah mengatur waktu untuk suami dan anak, sehingga kurang mendorong munculnya komunikasi yang efektif antar anggota keluarga

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Metty Muhariati, MM ; 2). Dr. Rusilanti, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi dan Komunikasi
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 23 Oct 2019 15:51
Last Modified: 23 Oct 2019 15:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item