ANALISIS WAKTU YANG DIPERLUKAN PADA PERBAIKAN KONTAINER

NADHIFA UBAIDAH EDINA, . (2024) ANALISIS WAKTU YANG DIPERLUKAN PADA PERBAIKAN KONTAINER. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text
LAMPIRAN-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki kebutuhan tinggi akan transportasi antarpulau yang efisien, khususnya dalam pengiriman barang. PT X, yang berfokus pada pengiriman barang domestik berbasis kontainer, memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan ini. Dengan lebih dari 50.000 kontainer dan 50 kapal kontainer, PT X telah mengembangkan sistem pengelolaan kontainer yang mencakup penerimaan, pengeluaran, perbaikan, dan pengembalian kontainer. Namun, proses perbaikan kontainer sering menghadapi masalah antrian yang mengakibatkan waktu tunggu melebihi standar yang ditetapkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu yang diperlukan dalam proses perbaikan kontainer di PT X dengan menggunakan simulasi sistem berbasis software arena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi dalam manajemen perbaikan kontainer dapat ditingkatkan dengan mengidentifikasi dan mengelola faktor-faktor penyebab antrian, seperti waktu tunggu truk kontainer, proses pencucian, dan perubahan cuaca. Dengan implementasi sistem pengelolaan yang lebih efisien, PT X dapat meminimalkan dampak negatif terhadap layanan dan meningkatkan kinerja operasional secara keseluruhan. ***** Indonesia, as the world's largest archipelago, has a high demand for efficient inter-island transport, particularly in freight forwarding. PT X, which focuses on container-based domestic freight forwarding, plays an important role in fulfilling this need. With more than 50,000 containers and 50 container ships, PT X has developed a container management system that includes receiving, dispensing, repairing, and returning containers. However, the container repair process often faces queuing problems that result in waiting times exceeding the standards set by the company. This study aims to analyse the time required in the container repair process at PT X using arena software-based system simulation. The results show that efficiency in container repair management can be improved by identifying and managing factors that cause queues, such as container truck waiting time, washing process, and weather changes. By implementing a more efficient management system, PT X can minimise the negative impact on service and improve overall operational performance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Dr. Winoto Hadi, M.T. ; 2). Kencana Verawati, S.S.T.,M.M.Tr.
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Users 24387 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:00
Last Modified: 06 Aug 2024 01:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48545

Actions (login required)

View Item View Item