MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG DENGAN PERMAINAN ENGKLEK DAN MEDIA KONKRET BAGI SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SLB NEGERI 12 JAKARTA

NADIA PARAMITHA KUSUMAWARDANI, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG DENGAN PERMAINAN ENGKLEK DAN MEDIA KONKRET BAGI SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SLB NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang dengan permainan engklek dan media konkret bagi siswa hambatan intelektual sedang kelas III di SLB Negeri 12 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 5 pertemuan. Pengumpulan data diambil berdasarkan pengamatan, evaluasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan setelah diberikan tindakan dalam pembelajaran menggunakan metode permainan engklek dan benda konkret, kemampuan membilang siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil evaluasi dan observasi yang diperoleh. Tingkat keberhasilan pada siklus I yaitu sebesar 25% dengan predikat “gagal” yang artinya pada ke-4 siswa, baru 1 dari 4 siswa yang mendapatkan hasil persentase minimum yang ditetapkan. Kemudian meningkat kembali pada siklus II yaitu tingkat keberhasilannya sebesar 100% dengan predikat “sangat baik” yang artinya 4 dari 4 siswa sudah mendapatkan hasil persentase minimum yang ditetapkan. Dengan demikian, pembelajaran melalui permainan engklek dapat meningkatkan kemampuan membilang siswa hambatan intelektual sedang kelas III di SLB Negeri 12 Jakarta. Kata kunci: kemampuan membilang, permainan engklek, hambatan intelektual   ****** This research aims to improve the ability to count with hopscoth games and concrete media for students with medium intellectual disabilities in class III at SLB Negeri 12 Jakarta. This research approach uses the Classroom Action Research (PTK) procedure of the Kemmis and Mc. Taggart model which consists of planning, action, observation, and reflection stages. This research was conducted in 2 cycles, each consisting of 5 meetings. Data collection was done through observation, evaluation, and documentation. The results showed that after being given learning actions using the cranklek game method and concrete objects media, students' counting skills improved. This improvement is shown in the evaluation and observation results obtained. In the first cycle, the pass rate was 25% with the predicate "failed", which is only 1 out of 4 students who reached the minimum percentage limit. Then it increased again in the second course, with a pass rate of 100% with the predicate "Very Good", meaning that 4 out of 4 students reached the minimum percentage result. Therefore, learning through the game of hopscoth can improve the ability of students with moderate impairment in class III SLB Negeri 12 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irah Kasirah, M.Pd.; 2). Dr. Indra Jaya, S.Pd, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 22848 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:12
Last Modified: 05 Aug 2024 23:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48581

Actions (login required)

View Item View Item