Model Pembelajaran Panahan Berbasis Media Untuk Usia 10-12 Tahun Pada Siswa Ekstrakurikuler SDI Amanah Bangsa Bekasi

VEREN ANDIKA SARI, . (2020) Model Pembelajaran Panahan Berbasis Media Untuk Usia 10-12 Tahun Pada Siswa Ekstrakurikuler SDI Amanah Bangsa Bekasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Abstrak, Lembar pengesahan, Originalitas, Surat Publikasi, Kata Pengantar, dan Daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. bab 1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Lampiran, dan Riwayat hidup.pdf

Download (1MB)

Abstract

ARROW LEARNING MODEL MEDIA BASED FOR AGES 10-12 YEARS ABSTRACT This study aims to create a media-based archery learning model related to archery in SDI Amanah Bangsa extracurricular students. This research was conducted at the Amanah Bangsa SDI school. Seen from the learning of archery extracurricular students at SDI Amanah Bangsa Bekasi which tends to explain more about archery techniques, give examples of archery and then give the cue to children to do archery that is done classically or together and without using additional new media. From what has been done it turns out that most of the children are not happy, the child feels bored and bored, the child actually jokes with other friends, besides that the archery techniques produced by the child are not well formed. Such conditions result in learning goals that cannot be achieved, children lack mastery of archery techniques so that movements are not optimal. Therefore, researchers make media aids whose purpose is so that students do not feel bored and feel comfortable while practicing and make students more interested and create a pleasant atmosphere for archery extracurricular students in doing archery learning. research is done by finding information, making observations and also interviewing the trainer in advance to find out the problems that exist in archery learning. then the researchers made 12 appropriate media-based learning models then validated by 3 archery experts. Then the media-based archery learning model is tested on archery extracurricular students at SDI Amanah Bangsa Bekasi and the data analysis technique uses expert validity. The final result is that the media-based archery learning model is feasible and effective to be used for archery extracurricular students at SDI Amanah Bangsa Bekasi. Keywords: learning model, archery, media. MODEL PEMBELAJARAN PANAHAN BERBASIS MEDIA UNTUK USIA 10-12 TAHUN ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pembelajaran panahan berbasis media yang berhubungan dengan panahan pada siswa ekstrakurikuler SDI Amanah Bangsa bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SDI Amanah Bangsa. Dilihat dari pembelajaran siswa ekstrakurikuler panahan SDI Amanah Bangsa Bekasi dimana cenderung lebih menjelaskan teknik panahan, memberikan contoh memanah dan selanjutnya memberi aba-aba kepada anak-anak untuk melakukan memanah yang dilakukan secara klasikal atau bersama-sama dan tanpa menggunakan tambahan media baru. Dari yang dilakukan ternyata sebagian besar anak-anak kurang senang, anak merasa jenuh dan bosan, anak justru bercanda dengan teman lainnya, selain itu gerakan tehnik memanah yang dihasilkan oleh anak tidak terbentuk dengan baik. Kondisi yang demikian mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai, anak kurang menguasai teknik memanah sehingga melakukan gerakan tidak maksimal. Oleh karena itu peneliti membuat alat bantu media yang tujuannya agar siswa tidak merasa bosan dan merasa nyaman saat berlatih dan membuat siswa lebih tertarik dan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa ekstrakurikuler panahan dalam melakukan pembelajaran memanah. penelitian dilakukan dengan mencari informasi, melakukan observasi dan juga wawancara kepada pelatih terlebih dahulu untuk mengetahui masalah yang ada pada pembelajaran memanah. maka peneliti membuat 12 model pembelajaran berbasis media yang layak kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli panahan. Kemudian model pembelajaran panahan berbasis media di uji cobakan pada siswa ekstrakurikuler panahan di SDI Amanah Bangsa Bekasi dan teknik analisa data menggunakan validitas ahli. Hasil akhir adalah bahwa model pembelajaran panahan berbasis media layak dan efektif digunakan untuk siswa ekstrakurikuler panahan SDI Amanah Bangsa Bekasi. Kata Kunci: model pembelajaran, panahan, media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). FERRY YOHANNES WATTIMENA, M.Pd 2). Dr. IWAN SETIAWAN, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 1159 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 16:08
Last Modified: 03 Mar 2020 16:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4869

Actions (login required)

View Item View Item