FHISTA SAFITRI, . (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN F&B SERVICE DI SMKN 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER..pdf Download (990kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
Text
LAMPIRAN..pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi yang terus berkembang memiliki dampak signifikan pada kehidupan, termasuk dalam sektor pendidikan, di mana teknologi digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar melalui media pembelajaran. Dalam konteks pendidikan, seorang guru dapat menggunakan teknologi sebagai sarana yang beragam dan menarik dengan menciptakan materi pembelajaran berupa video animasi, sehingga proses belajar menjadi lebih beragam daripada hanya mengandalkan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi dengan menggunakan prettest dan posttest pada mata pelajaran f&b service SMKN 27 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang merupakan kepanjangan dari Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan), dan Evaluation (evaluasi). Menggunakan teknik analisis deskriptif menggunakan data kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari 15 siswa kelas XI Perhotelan 1 SMKN 27 Jakarta yang menjalani uji coba kelompok kecil (small group), sedangkan sampel penelitiannya mencakup 3 siswa dengan kategori masing-masing: unggul, sedang, dan kurang pintar, yang melalui uji coba perorangan (one to one). Hasil penelitian menunjukan pengembangan media video animasi dinilai sangat layak oleh ahli materi, ahli media, dan responden. Pada uji efektifitas one to one dan uji kecil sangat layak. Selain itu hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan minat belajar siswa terhadap media video animasi berdasarkan hasil pretest dan posttest sebesar 73,33% dengan kategori efektif dan termasuk kategori sedang dalam meningkatkan minat belajar siswa. Dengan demikian, video animasi sebagai media pembelajaran efektif dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. ***** Technology that continues to develop has a significant impact on life, including in the education sector, where technology is used to enrich the learning experience through learning media. In the context of education, a teacher can use technology as a diverse and interesting means by creating learning materials in the form of animated videos, so that the learning process becomes more diverse than just relying on lecture methods. The purpose of this study is to develop and determine the effectiveness of animated video-based learning media to increase students' interest in learning before and after using animated video media by using prettest and posttest in the f&b service subject of SMKN 27 Jakarta. This research uses the research and development method using the ADDIE model which stands for Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Using descriptive analysis techniques using quantitative data. In this study, the population consisted of 15 students in grade XI of Hospitality 1 SMKN 27 Jakarta who underwent a small group trial, while the research sample included 3 students with their respective categories: superior, medium, and less smart, which went through individual trials (one to one). The results of the study show that the development of animated video media is considered very feasible by material experts, media experts, and respondents. In the one-to-one effectiveness test and small test is very feasible. In addition, the results of the study showed an increase in students' interest in learning animation video media based on the results of the pretest and posttest by 73.33% with the effective category and included in the medium category in increasing student learning interest. Thus, animated videos as an effective learning medium and can increase students' interest in learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E. ; 2). Dr. Hamiyati, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Users 24676 not found. |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:18 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48737 |
Actions (login required)
View Item |