MODEL LATIHAN ZUMBA KIDS BERBASIS PERMAINAN UNTUK ANAK USIA DINI (6-8 tahun)

Eva Susanti, . (2024) MODEL LATIHAN ZUMBA KIDS BERBASIS PERMAINAN UNTUK ANAK USIA DINI (6-8 tahun). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (602kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan koordinasi motorik dan kebugaran fisik anak usia dini melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Zumba kids berbasis permainan dipilih sebagai model pembelajaran yang diharapkan dapat menarik minat anak-anak sekaligus memberikan manfaat fisik yang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji efektivitas Model latihan zumba kids berbasis permainan untuk anak usia dini dalam meningkatkan kebugaran fisik dan keterampilan motorik kasar pada anak usia 6-8 tahun. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana model ini dapat diterapkan secara praktis di lingkungan sekolah dan komunitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mengikuti program zumba kids berbasis permainan, dan kelompok kontrol yang mengikuti aktivitas fisik konvensional. hasil Berdasarkan perhitungan uji t- independent menggunakan SPSS diketahui bahwa nilai t sebesar 15,6 dan nilai signifikansi 2 arah (two-tailed) 0.000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor yang berarti antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kelompok control dan eksperimen Model latihan zumba kids berbasis permainan untuk anak usia dini 6-8 Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Model latihan zumba kids berbasis permainan untuk anak usia dini efektif dalam meningkatkan kebugaran fisik dan keterampilan motorik kasar pada anak usia dini. Model ini dapat menjadi alternatif yang menarik bagi program pendidikan jasmani di sekolah dan dapat diterapkan dalam berbagai setting pendidikan anak. ***** This research is motivated by the need to improve motor coordination and physical fitness in young children through a fun and interactive approach. The game-based Zumba kids was chosen as a learning model that is expected to attract children's interest while providing significant physical benefits. The aim of this research is to develop and test the effectiveness of the game-based Zumba kids model in improving physical fitness and gross motor skills in children aged 6-8 years. This research also aims to see how this model can be applied practically in school and community environments. The research method used is a quantitative research method with an experimental design. This research involved two groups, namely the experimental group who took part in the game-based zumba kids program, and the control group who took part in conventional physical activity. Results: Based on independent t-test calculations using SPSS, it is known that the t value is 15.6 and the 2-tailed significance value is 0.000 < 0.05. This shows that there is a significant difference in scores between the experimental group and the control group so it can be said that there is a significant difference between the control and experimental groups in the game-based zumba kids training model for early childhood 6-8. The conclusion of this research is that the zumba kids model is based on the game is effective in improving physical fitness and gross motor skills in early childhood. This model can be an attractive alternative to physical education programs in schools and can be applied in various child education settings. Keywords; Model, Zumba kids, Games, Early Childhood

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd. 2). Dr. Eka Fitri Novitasari, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 24394 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:23
Last Modified: 06 Aug 2024 04:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48766

Actions (login required)

View Item View Item