PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @MRTJKT TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS PADA KONTEN METODE PEMBAYARAN MRT JAKARTA (SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @MRTJKT)

LULU IMAROH SYAHIDA, . (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @MRTJKT TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS PADA KONTEN METODE PEMBAYARAN MRT JAKARTA (SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @MRTJKT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial merupakan media untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dengan orang lain. Namun pada tanggal 26 Juni 2023 akun media sosial Instagram @mrtjkt mengunggah konten perubahan metode pembayaran tiket MRT Jakarta. Konten tersebut memperoleh atensi yang besar dari followers dan banyak mendapatkan komentar negatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram @mrtjkt (X) terhadap kebutuhan informasi followers (Y) pada konten metode pembayaran MRT Jakarta yang diunggah pada Instagram @mrtjkt tanggal 26 Juni 2023. Menggunakan teori New Media yaitu media berbasis teknologi yang menggunakan atau mengakses internet, yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah media sosial dengan pengukuran dimensi accesbility, speed, interactivity, longetivy, dan reach. Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah kebutuhan informasi dengan dimensi antara lain current need approach, everyday need approach, exhaust need approach, dan catching-up need approach. Penelitian ini menggunakan paradigma positivis yang menekankan pengukuran obyektif dan menghasilkan bukti dalam bentuk angka. Populasi dalam penelitian ini seluruh followers media sosial Instagram @mrtjkt dan diperoleh sampel responden dengan menggunaka teknik purposive sampling dengan rumus Slovin. Kriteria responden pada penelitian ini yaitu followers media sosial Instagram @mrtjkt yang memberikan likes atau berkomentar pada konten metode pembayaran tiket MRT Jakarta. Analisis penelitian ini menggunakan analisis univariate dan bivariate yaitu analisis regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Hasil yang didapat menunjukan bahwa media sosial Instagram @mrtjkt memiliki tingkat reach yang tinggi pada konten metode pembayaran MRT Jakarta tanggal 26 Juni 2023. Dalam aspek kebutuhan informasi, didapatkan hasil bahwa Instagram @mrtjkt berhasil mencapai catching-up need approach para followers. Hal ini dibuktikan dari uji regresi linear sederhana yang dilakukan oleh peneliti adalah hasil menyatakan nilai bahwa kebutuhan informasi followers (Y) dipengaruhi oleh media sosial Instagram @mrtjkt (X) pada konten metode pembayaran MRT Jakarta tanggal 26 Juni 2023. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa media sosial Instagram @mrtjkt dalam metode pembayaran MRT Jakarta memberikan hasil yang positif bahwa media sosial Instagram MRT Jakarta @mrtjkt telah berhasil mencapai reach yang baik dan mempengaruhi pendekatan catching-up need approach dalam kebutuhan informasi followers. Hal ini didukung berdasarkan hasil uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, analisis regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil temuan dalam penelitian ini diharapkan mampu menjadi landasan untuk penelitian selanjutnya yang lebih mendalam terkait pengaruh jenis-jenis media sosial lain terhadap kebutuhan informasi masyarakat. Kata Kunci : Media Sosial, Kebutuhan Informasi, Metode Pembayaran, Transportasi Publik **** ***** Social media is a medium for communicating and exchanging information with other people. However, on June 26 2023, the Instagram social media account @mrtjkt uploaded content regarding changes to the Jakarta MRT ticket payment method. This content received great attention from followers and received many negative comments. This research was conducted to determine the influence of social media Instagram @mrtjkt (X) on the information needs of followers (Y) on MRT Jakarta payment method content uploaded to Instagram @mrtjkt on June 26 2023. Using New Media theory, namely technology-based media that uses or accesses the internet, which can be accessed anytime and anywhere. The independent variable (X) in this research is social media with dimensions of accessibility, speed, interactivity, longevity and reach. The dependent variable (Y) in this research is information needs with dimensions including current need approach, everyday need approach, exhaust need approach, and catching-up need approach. This research uses a positivist paradigm which emphasizes objective measurements and produces evidence in the form of numbers. The population in this study were all followers of the social media Instagram @mrtjkt and a sample of respondents was obtained using a purposive sampling technique with the Slovin formula. The criteria for respondents in this study were Instagram social media followers @mrtjkt who gave likes or comments on the content of MRT Jakarta ticket payment methods. This research analysis uses univariate and bivariate analysis, namely simple linear regression analysis and coefficient of determination. The results obtained show that the social media Instagram @mrtjkt has a high level of reach on MRT Jakarta payment method content on June 26 2023. In the aspect of information needs, the results obtained are that Instagram @mrtjkt has succeeded in achieving a catching-up need approach for followers. This is proven by a simple linear regression test carried out by researchers, the results of which state that the information needs of followers (Y) are influenced by the social media Instagram @mrtjkt (X) on the content of the Jakarta MRT payment method on June 26 2023. The conclusion in this research is that the social media Instagram @mrtjkt in the MRT Jakarta payment method provides positive results that the social media Instagram MRT Jakarta @mrtjkt has succeeded in achieving good reach and influencing the catching-up need approach in the information needs of followers. This is supported based on the results of validity tests, reliability tests, normality tests, linearity tests, hypothesis tests, simple linear regression analysis and coefficient of determination tests. It is hoped that the findings in this research will serve as a basis for further, more in-depth research regarding the influence of other types of social media on people's information needs. Keywords: Social Media, Information Needs, Payment Methods, Public Transportation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Marisa Puspita Sary, M.Si ; 2). Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si
Subjects: Karya Umum > Jurnalisme, Media Berita, Penerbitan
Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 24300 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:55
Last Modified: 06 Aug 2024 03:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48775

Actions (login required)

View Item View Item