PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, POLA ASUH ORANG TUA, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMK NEGERI 46 JAKARTA

NOVIA ANDHINI, . (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, POLA ASUH ORANG TUA, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMK NEGERI 46 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (876kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan fasilitas belajar berpengaruh pada kemandirian belajar siswa Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi terjangkau dari penelitian ini sebanyak 212 siswa yang terdiri dari siswa-siswi kelas X, XI, dan XII jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 46 Jakarta. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 140 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebagai data primer. Uji prasyaratan analisis menyatakan data berdistribusi normal dan linier dengan persamaan regresi berganda Y = -13,790+0,628X1+0,340X2+0,317X. Berdasarkan analisis data dengan uji t, variabel motivasi belajar memperolah nilai thitung (5,935) > ttabel (1,656) sehingga H1 diterima. Variabel pola asuh orang tua memperolah nilai thitung (4,248) > ttabel (1,656) sehingga H2 diterima. Variabel fasilitas belajar memperolah nilai thitung (4,799) > ttabel (1,656) sehingga H3 diterima. Berdasarkan uji F, diperoleh nilai Fhitung (75,928) > Ftabel (3,06) sehingga H4 diterima dengan koefisien determinasi sebesar 0,626 atau 62,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar, (ii) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar, (iii) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar, dan (iv) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar. ***** The study aims to determine whether learning motivation, parenting styles, and learning facilities affect the self-regulated learning in Students of Financial Accounting Institutions at State Vocational High School 46 Jakarta. The study employed a quantitative approach with survey methods. The population of the study ware students of X, XI, and XII of financial accounting institutions at State Vocational High School 46 Jakarta. The sampling technique used simple random sampling, so that 140 students are the sample. Data collection technique are carried out by distributing questionnaires as a primary data. From the analysis requirements, the data resulted in normal and linier distribution with multiple regression equation Y = -13,790+0,628X1+0,340X2+0,317X. based on the results of t-test, obtained the value of learning motivation variable tcount (5,935) > ttable (1,656) so H1 accepted. obtained the value of parenting style variable tcount (4,248) > ttable (1,656) so H2 accepted. obtained the value of learning facilities variable tcount (4,799) > ttable (1,656) so H3 accepted. based on the results of F-test, obtained the value Fcount (75,928) > Ftable (3,06) so H4 accepted with the coefficient of determination 0,626 or 62,6%. The results of this study indicate that: (i) there is a positive and significant influence between the learning motivation on self-regulated learning, (ii) there is a positive and significant influence between a parenting style on self-regulated learning, (iii) there is a positive and significant influence between the learning facilities on self-regulated learning, and (iv) there is a positive and significant influence together between learning motivation, parenting style, and learning facilities on self-regulated learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E, M.Si, AK, CA. ; 2). Prof. Dr. Mardi, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 24995 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:11
Last Modified: 06 Aug 2024 05:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48816

Actions (login required)

View Item View Item